Sariawan tidak hanya menyerang orang dewasa, justru tak jarang anak-anak yang kerap mengalami sariawan. Untuk itu diperlukan adanya obat sariawan anak yang aman dan tidak menimbulkan dampak karena pemakaiannya.

Pada umumnya sariawan ini bisa terjadi selama kurang lebih 1 minggu, sehingga dalam kurun waktu tersebut Anda harus memberikan asupan maupun obat supaya lekas sembuh. Terdapat berbagai bahan dan obat yang digunakan untuk mengobati sariawan. Namun, tidak semua obat aman untuk digunakan oleh anak-anak.

 

Obat Sariawan Anak yang Tanpa Menimbulkan Efek Samping

 

1. Mengonsumsi Buah-buahan

Jenis buah yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi juga dapat membantu proses penyembuhan sariawan. Akan tetapi, Anda juga tetap harus memperhatikan tingkat keasamannya, sebab buah dengan tingkat keasaman yang terlalu tinggi justru kurang tepat untuk dikonsumsi penderita sariawan.

Beberapa buah yang bisa Anda pilih diantaranya pepaya, jeruk yang tidak terlalu asam, dan kiwi. Dengan kandungan vitamin C pada buah-buahan tersebut, dapat membantu dalam melawan infeksi dan bakteri yang menjadi penyebab terjadinya sariawan.

2. Es Batu

Anda bisa mendapatkan obat sariawan anak di sekitar lingkungan rumah, misalnya es batu. Anda dapat mengaplikasikan es batu pada luka sariawan anak. Namun, Anda hanya dapat melakukannya apabila usia anak Anda di atas 1 tahun. Khasiat es batu dapat menyamarkan rasa perih pada sariawan.

Cara pengaplikasiannya cukup mudah, yaitu dengan cara membungkus es batu yang berukuran kecil menggunakan kain handuk dengan tekstur lembut dan bersih, kemudian menempelkannya secara perlahan pada luka sariawan. Sensasi dingin dari es batu akan membantu menyembuhkan luka tersebut dengan lebih cepat.

3. Larutan Air, Garam, dan Baking Soda

Ketika anak Anda mengalami sariawan, Anda juga bisa membuat larutan menggunakan air, garam, dan baking soda. Pembuatan larutan ini sangat mudah, Anda hanya memerlukan segelas air putih kemudian ditambahkan garam dan baking soda yang masing-masing sejumlah ½ sendok teh. Akan tetapi, hal ini hanya boleh diterapkan pada usia di atas satu tahun.

Setelah kedua bahan tersebut larut dalam air, Anda bisa mencelupkan kapas ke dalam larutan tersebut. Kemudian peras dan sentuhkan kapas pada bagian yang terkena sariawan. Khasiat dari larutan ini yaitu untuk mengecilkan sariawan, sehingga tidak menimbulkan bengkak. Anda dapat melakukannya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

4. Gunakan Aloclair Plus

Produk Aloclair dapat Anda gunakan sebagai obat sariawan anak. Sebab kandungan yang ada merupakan bahan yang aman dan alami, seperti kayu manis dan lidah buaya, sehingga tetap aman apabila tertelan. Khusus bagi anak-anak maupun bayi, Anda dapat menggunakan jenis gel, yang mana pemakaiannya dengan cara dioleskan.

Namun, Anda perlu memperhatikan beberapa hal dalam pemakaiannya, yakni tidak memberinya asupan apapun selama 1 jam setelah gel dioleskan. Hindari pula untuk tidak menyentuh lesi menggunakan lidah, kira-kira sekitar 2 menit setelah pemakaian obat. Pemakaian gel ini dapat dilakukan 3 sampai 4 kali dalam satu hari.

Peran Anda sebagai orang tua sangat dibutuhkan untuk membantu proses penyembuhan pada sariawan yang diderita anak. Sebab, anak-anak belum terlalu memahami jenis-jenis makanan apa saja yang sebaiknya dihindari ketika sedang sariawan. Anda bisa menggunakan produk obat sariawan anak seperti Aloclair, karena produk tersebut ramah terhadap segala usia termasuk anak-anak. Jadi produk ini bisa menjadi solusi saat sariawan datang.