Pelembab bukan diperlukan bagi kulit wajah kering, tetapi juga wajah berminyak. Begitu pentingnya menjaga wajah, mencari produk kecantikan yang cocok jadi seolah menjadi keharusan. Selain cocok dari segi kualitas, aspek harga yang dipilih mempengaruhi produk mana yang akan.

Sebenarnya, bagi anda yang tidak ingin terlalu menguras kantong, banyak pelembab wajah alami yang bisa digunakan. Beberapa di antaranya bahkan bisa ditemukan di dapur rumah anda sendiri. Meski terlihat sepele, bahan-bahan dapur ternyata mampu melembabkan wajah secara efektif . Apa saja itu? Pantengin baik-baik penjelasan di bawah ini ya!

1. Timun

Bahan pertama yang bisa Anda gunakan untuk melembabkan wajah secara alami adalah timun. Ya, timun mengandung kadar air yang cukup tinggi yang dapat menstimulasi kulit secara alami terhidrasi. Nutrisi dalam timun juga disinyalir mampu menenangkan dan mengurangi pembengkakan kulit.

Tak hanya enak dijadikan pelengkap menu lalapan, timun juga bisa dijadikan masker wajah. Anda bisa mengiris timun thin-thin, lalu ditempelkan di wajah. Diamkan beberapa menit, jika dirasa cukup, bilas bersih dengan udara. Belum cukup, untuk merelaksasi diri, pejamkan mata, lalu tempelkan irisan timun di kedua mata. Rasakan kesegarannya!

2. Alpukat

Cuaca panas, enaknya minum jus alpukat, emm mantap . Eh, tapi percuma kalau segar hanya di mulut, tapi wajah kering merata. Baiklah, mungkin sebagian bisa berkurang, sebagian lagi Alpukatnya bisa dipakai untuk pelembab wajah. Serius?

Alpukat ternyata hanya menyimpan lemak yang bermanfaat bagi tubuh, tetapi anda bisa memanfatkannya sebagai pelembab wajah. Alpukat diperkaya protein, mineral, dan vitamin yang bisa menutrisi kulit. Penelitian menyebutkan, minyak pada Alpukat dapat meningkatkan situsis kolagen sehingga bisa melembabkan wajah anda.

Cara pemakaiannya, Anda bisa membuat masker dari Alpukat yang dihancurkan. Eh, tapi tidak perlu ditambahi gula dan es batu ya. Tapi kalau ingin menambahkan bahan lain seperti yogurt dan madu boleh. Balutkan masker Alpukat di seluruh area wajah anda untuk melembabkannya.

3. Lidah Buaya

Bahan alami yang mudah ditemukan di dapur atau sekitar rumah kita adalah lidah mertua. Eh, lidah buaya maksudnya. Tanaman yang satu ini memiliki kadar air tinggi, ditambah kandungan vitamin A, B12, C, dan vitamin E yang cepat diserap kulit dan melindunginya dari radikal bebas.

Selain berguna untuk melembabkan kulit, lidah buaya memiliki sifat anti inflamasi yang akan menjadikan kulit tenang. Lidah buaya cocok dipergunakan untuk melembabkan wajah serta mengatasi kulit kering dan kusam.

Cara menggunakan lidah buaya untuk masker wajah terbilang mudah. Anda cukup mengirisnya beberapa bagian, lalu mengoleskan gel-nya ke seluruh wajah. Eh, hati-hati dengan durinya. Setelah dioles rata, diamkan beberapa menit sebelum membilasnya dengan udara. Bisa juga dengan cara mode sleeping mask, bilas saat sudah bangun dari tidur.

4. Madu

Bahan yang bisa ditemukan di berikutnya adalah madu. Ya, madu bukan hanya ampuh membantu proses penyembuhan dari penyakit, ternyata madu juga bermanfaat untuk kecantikan. Salah satunya untuk melembabkan kulit wajah.

Selain sebagai pelembab, madu mendukung proses penyembuhan luka pada kulit. Atas dasar inilah sarang madu untuk melawan jerawat. Kandungan antioksidan-nya juga bebas dari manjur menangkal radikal bebas.

Cara pemakaian masker pada umumnya, oleskan madu ke seluruh area wajah anda, diamkan beberapa menit, kemudian bilas dengan handuk yang dibahasi air hangat. Jika dirasa masih kurang bersih, bisa dibilas ulang. Yang perlu diperhatikan, Anda perlu memastikan madu yang akan digunakan masih alami, belum tercampur banyak gula.

Setelah melihat bahan-bahan dapur ternyata bisa digunakan sebagai pelembab wajah alami, saya kira tidak ada salahnya untuk dicoba. Selain mudah ditemukan, harganya terjangkau, efeknya pun tak kalah dengan produk buatan pabrik. Selamat mencoba