Memilih menu makanan saat menjalani diet adalah satu hal yang harus benar-benar diperhatikan. Sayur dan buah-buahan adalah jenis makanan yang harus ada dalam menu diet. Nah, agar tidak bosan, resep tumis buncis wortel bisa menjadi pilihan menu diet yang bisa Anda coba.

Resep Tumis Buncis Wortel, Menu Sehat dan Cocok untuk Diet

Kombinasi antara buncis dan wortel dengan tekstur yang renyah serta memiliki kandungan gizi tinggi kemudian dipadukan dengan kaldu ayam yang akan membuat resep tumis buncis wortel ini semakin lezat. Untuk membuatnya pun tidak dibutuhkan bahan-bahan yang sulit didapatkan dan pastinya tetap bergizi. Cocok untuk menu diet.

  • Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

Untuk membuat resep tumis buncis wortel ini tidak banyak bahan yang dibutuhkan. Dengan bahan utama tentu saja buncis dan wortel. Bahan lainnya bisa ditambahkan sesuai selera sebagai variasi rasa.

  1. Buncis 200 gr (siangi ujungnya)
  2. Wortel 200 gr
  3. Brokoli 100 gr (potong sesuai kuntumnya)
  4. Air panas 500 ml
  5. Bawang merah 5 buah, iris halus
  6. bawang putih 3 siung, iris halus
  7. Cabe merah 2 , iris halus menyerong
  8. Kecap manis 3sdm
  9. Bubuk kaldu ayam 1sdt
  10. Gula 1sdt
  11. Merica bubuk ½ sdt
  12. Minyak goreng secukupnya
  • Cara Membuat:
  1. Potong buncis yang sebelumnya sudah disiangi dengan ukuran 3cm. sisihkan
  2. Potong brokoli mengikuti kuntumnya. Cuci sampai bersih kemudian tiriskan.
  3. Kupas bagian luar wortel kemudian cuci bersih dengan air mengalir lalu potong tipis. Sisihkan.
  4. Setelah semua bahan disiapkan, selanjutnya panaskan minyak di dalam penggorengan. Masukkan bawang merah dan bawang putih lalu tumis hingga aromanya harum. Selanjutnya masukkan cabe merah. Tumis lagi hingga aromanya keluar.
  5. Masukkan wortel dan buncis ke dalam tumisan bawang dan cabe. Aduk sampai wortel dan buncis agak layu.
  6. Masukkan 50ml air panas ke dalam penggorengan. Diikuti kemudian tambahkan kecap manis, merica bubuk dan terakhir kaldu ayam. Aduk hingga rata dan masak hingga semua sayuran setengah matang.
  7. Terakhir masukkan brokoli saat wortel dan buncis sudah setengah matang. Masak semuanya sampai benar-benar matang dan kuah yang ada di dalam penggorengan mulai berkurang. Tambahkan gula dan garam sesuai selera.
  8. Tumis buncis wortel dan brokoli siap dihidangkan. Sajikan selagi masih hangat dan hidangkan dengan satu piring nasi.

Buncis ini adalah jenis sayuran hijau yang rendah kalori dan kaya akan kandungan serat. Selain itu indeks glikemik yang rendah dari sayuran buncis berperan dalam mengontrol kadar gula dalam darah. Kandungan serat yang tinggi pada sayuran hijau ini sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.

Maka dari semua kombinasi yang sudah disebutkan tadi, tidak heran jika resep tumis buncis wortel menjadi menu yang sangat aman dikonsumsi saat diet. Di sisi lain meskipun buncis memiliki rasa manis dan rendah gula namun justru cita rasa manis alami inilah yang membuatnya lebih nikmat. Nah, kalau Anda ingin membeli buncis segar dan berkualitas, bisa berbelanja di tanihub.com.

Itu tadi adalah resep tumis buncis wortel yang bisa Anda coba untuk menu diet. Sayur buncis yang memiliki banyak kandungan nutrisi ini baik untuk dikonsumsi saat diet. Membeli sayur buncis tidak perlu lagi repot ke supermarket. Anda bisa membeli secara online di tanihub.com. Tinggal duduk manis, dengan satu sentuhan jari, semua kebutuhan untuk membuat menu tumis buncis ini pun tersedia.