Saat hamil berbagai keluhan kesehatan kerap kita rasakan, mulai dari mual, pusing hingga sering sakit di persendian. Berbicara mengenai sakit sendi, bagaimana ya cara mengatasi nyeri sendi saat hamil?

Dilansir dariAmerican Pregnancy Association, selama kehamilan, memang terjadi banyak perubahan pada tubuh Bumil. Hal ini kemudian meningkatkan peluang untuk megalami nyeri sendi dan nyeri otot.

Peningkatan berat badan dan peningkatan hormon juga akan mempengaruhi sakit sendi ini.

Penyebab nyeri sendi saat hamil

Cara mengatasi nyeri sendi saat hamil

Ibu hamil sangat rentan mengalami retensi air (tertahannya air di tubuh). Kondisi ini dapat memperparah kekakuan pada kaki, pinggul, lutut, dan pergelangan kaki.

Peningkatan berat badan karena retensi air ini juga dapat memperburuk sindrom carpal tunnel, yang menyebabkan rasa sakit dan kesemutan di jari-jari. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter, jika nyeri sendi Anda menjadi lebih buruk, atau jika Anda mengalami mati rasa di tangan atau kaki Anda.

Juga beri tahu dokter Anda kenaikan berat Anda, juga minta dokter memeriksa pembengkakan wajah atau pembengkakan pada tangan Anda, terutama di kaki.

Penyebab lain nyeri sendi saat hamil
Selain nyeri sendi karena perubahan fisik selama kehamilan, nyeri sendi selama kehamilan juga bisa disebabkan oleh artritis. Arthritis adalah suatu kondisi di mana sendi menjadi meradang. Beberapa wanita mungkin mengalami arthritis mereka menjadi lebih buruk selama kehamilan.

Cara mengatasi nyeri sendi saat hamil

Cara mengatasi nyeri sendi saat hamil!

#1: Olahraga
Olahraga teratur meningkatkan rentang gerak dan dapat membantu menjaga sendi Anda fleksibel. Latihan ringan, seperti berjalan dan berenang, lebih lembut di persendian.

#2: Terapi panas dan dingin
Cobalah mandi air panas, setelahnya tempatkan kompres es yang dibungkus dengan handuk di sendi Anda.

#3: Pijat
Terapi pijat telah terbukti ampuh untuk mengobati nyeri dan kekakuan sendi, serta meningkatkan rentang gerak dan kemampuan berjalan.

Cara mengatasi nyeri sendi saat hamil

#4: Akupunktur
Akupuntur mungkin dapat membantu meringankan nyeri sendi pada beberapa Bumil.

#5: Suplemen natural
Beberapa suplemen herbal juga dapat digunakan untuk nyeri sendi. Namun, untuk mencegah interaksi obat yang berbahaya, penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda atau spesialis herbal sebelum mengonsumsi obat natural apa pun.

#6: Konsumsi makanan yang kaya Omega-3
Suplemen Omega 3 dapat membantu meringankan rasa sakit dan kekakuan sendi.

Cara mengatasi nyeri sendi saat hamil

#7: Istirahat
Luangkan waktu untuk istirahat agar persendian Anda istirahat. Latihan relaksasi serta mengangkat kaki saat berbaring juga dapat membantu meringankan nyeri lutut dan pergelangan kaki.

Jika solusi alami tidak menghilangkan rasa sakit Anda, konsultasikan dengan dokter Anda tentang obat-obatan yang aman untuk dikonsumsi selama kehamilan. Penting juga untuk berbicara dengan dokter Anda jika Anda minum obat radang sendi sebelum kehamilan. Beberapa obat tidak aman untuk dikonsumsi selama kehamilan, jadi dokter Anda mungkin perlu memberi Anda resep baru.