Rambut rontok adalah salah satu masalah yang mengganggu karena membuat seseorang khawatir dan merasa kurang percaya diri. Meski demikian, cara mengatasi rambut rontok bukanlah suatu hal yang tidak mungkin Anda lakukan.

Anda perlu mengetahui penyebab rambut rontok terlebih dahulu. Kemudian, cara mengatasi rambut rontok bisa Anda lakukan dengan berbagai macam hal, termasuk memakai bahan alami.

Mengutip Femina.in, penyebab rambut rontok bisa beberapa hal. Pertama, tubuh yang kekurangan nutrisi, seperti zat besi, zinc, dan protein. Kekurangan vitamin D juga bisa jadi penyebab rambut rontok. Kedua, hormon yang tidak seimbang.

Penyebab rambut rontok lainnya adalah stres, Polycystic Ovary Syndrome (POC), produk gaya rambut, dan kondisi medis tertentu. Setelah mengetahui penyebabnya, cara mengatasi rambut rontok bisa Anda lakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami berikut.

Telur

Tak hanya enak untuk disantap, telur juga bermanfaat sebagai cara mengatasi rambut rontok, lo. Telur kaya akan fosfor, sulfur, selenium, yodium, zinc, dan protein. Kandungan-kandungan tersebut dapat membantu rambut tumbuh dengan baik.

Cara mengatasi rambut rontok menggunakan telur cukup mudah. Anda perlu menyiapkan bahan-bahan-bahannya terlebih dahulu. Campurkan satu putih telur dengan madu sebanyak 1 sendok teh dan olive oiljuga 1 sendok teh.

Aduk campuran tersebut sampai berbentuk pasta kemudian aplikasikan pada rambut. Diamkan selama 20 menit lalu bilas menggunakan sedikit sampo.

Teh hijau

Cara mengatasi rambut rontok selanjutnya bisa menggunakan teh hijau. Kandungan antioksidan dalam teh hijau cocok untuk membuat rambut menjadi lebih sehat. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah.

Pertama, siapkan dua hingga tiga kantong teh hijau dalam satu hingga dua gelas air panas. Banyaknya teh hijau dan air hangat yang dibutuhkan sesuai dengan panjang rambut Anda. Setelah airnya tak lagi panas, siramkan pada kulit kepala dan rambut.

Anda bisa memijat kepala agar terasa lebih nyaman dan rileks. Setelah itu, diamkan selama satu jam. Kemudian, bilas rambut menggunakan air dingin.

Aloe vera

Selain digunakan sebagai cara mengatasi rambut rontok, Aloe vera juga efektif untuk mengobati kulit kepala yang mengelupas dan gatal. Femina.inmenyebutkan, ambillah sebatang Aloe vera kemudian kupas kulitnya.

Aplikasikan daging Aloe vera pada rambut dan kulit kepala dan biarkan selama forty five menit kemudian bilas menggunakan air. Untuk hasil yang lebih baik, Anda bisa melakukan cara mengatasi rambut rontok ini selama tiga sampai empat kali dalam seminggu.