Jika anda sedang mencari distributor valve yang terpercaya, Anda bisa memilih yang paling direkomendasikan saat ini lewat Alvindo Catur Sentosa. ACS adalah stokis dan juga pemasok untuk industrial plant, petrochemical serta oil dan juga gas. maka dari itu tidak heran Anda bisa mendapatkan valve dengan kualitas terbaik di sini.

Untuk diketahui valve adalah sebuah alat yang punya fungsi mengatur debit atau volume air. Tidak hanya itu saja valve juga digunakan sebagai pengatur tekanan gas dan masih banyak lagi. Ada beberapa jenis valve dengan fungsinya masing-masing dan tentunya karena jenisnya banyak harga valve pipa juga berbeda-beda. Alat ini juga dibuat dari bahan yang punya ketahanan berbeda-beda antara satu jenis dengan jenis lainnya. Berikut akan dibahas jenis-jenis valve yang umumnya digunakan.

1. Gate Valve

Jenis satu ini punya fungsi sebagai buka dan tutup seperti gerbang. Valve ini difungsikan untuk mengatur air atau gas yang masuk. Alat ini bisa dengan mudah anda jumpai sebagai tempat masuknya aliran air. Misalnya saja waduk, gorong-gorong dan juga dam. Valve jenis ini bisa langsung dihubungkan ke pintu air pertama yang letaknya pada ujung aliran air. Hal ini punya tujuan agar aliran air yang tinggi akan tetap masuk pada saluran air. Pintu yang dibuat fungsi sebagai penjaga debit air yang akan dialirkan ke sawah hingga ladang atau menutup saluran air. Jika anda sedang mencari  valve maka sebaiknya langsung ke distributor valve.

2. Glove Valve

Valve jenis ini biasanya diletakkan pada bagian tengah tipe saluran air. Fungsi dari valve ini untuk mencegah kebocoran yang terjadi. Fungsinya juga sebagai penahan aliran air ketika kebocoran terjadi sebelum akhirnya diperbaiki. Karena adanya Glove Valve, maka aliran air tidak terganggu meski adanya kebocoran. Produk ini juga digunakan untuk gas tentunya dengan tujuan yang sama untuk menghentikan sementara aliran gas pada pipa ketika terjadi kebocoran.

3. Butterfly Valve

Valve dengan jenis butterfly ini biasanya digunakan sebagai pengaturan gerak lajur air didalam pipa. Gerak laju air biasanya punya tekanan rendah dengan konsentrasi yang tinggi. Konsentrasi tinggi ini artinya cairan punya kekentalan yang relatif tinggi daripada air. Valve ini digunakan untuk pipa dengan ukuran sedang yang punya aliran air setengah dari kapasitas pipa. jika tekanan air sangat tinggi tentunya bisa merusak Valve.

4. Check Valve

Valve jenis ini punya manfaat untuk mengalirkan fluida melewati satu arah saja. biasanya kendala ketika mengalirkan zat cair untuk satu arah akan mengalami reversed flow. Nah  check valve ini akan melakukan penekanan agar tidak ada tekanan air yang kembali. Valve satu ini punya bentuk yang unik dengan tujuan agar air tidak kembali lagi.  Banyak dipilih karena tentunya sangat membantu saat terjadi arah gerak air yang berlawanan pada pipa.

5. Safety Valve

 Harga valve pipa dipengaruhi dari jenis dan bahan materialnya. Untuk valve ini punya sifat penahan dan juga mampu menghentikan sementara daya tampung air atau gas yang mengalir ke tempat penampungan yang sudah penuh. Karena ketika air atau gas terus mengalir ke tempat yang penuh maka bisa terjadi kerusakan atau ledakan yang diakibatkan kelebihan kapasitas dari air atau gas. Tentunya safety valve banyak digunakan untuk meminimalisir resiko terjadi kerusakan dan ledakan pipa.

Demikian beberapa jenis valve yang ada beserta fungsinya. Nah jika anda sedang mencari produk ini maka sebaiknya pilih dari distributor valve terpercaya yang tentunya aman dan memiliki kualitas.