Hai adik-adik kelas 5 SD yang sedang mengikuti kegiatan belajar dari rumah, kali ini Osnipa kembali membahas materi Belajar Dari Rumah (BDR). Materi yang akan kita bahas kali ini muatan Bahasa Indonesia tentang Contoh Teks Eksplanasi Tentang Pentingnya Makanan Sehat Baik Untuk Tubuh. Semangat belajar ya.

Materi Teks Eksplanasi

Teks ekplanasi merupakan teks yang menjelaskan mengenai berbagai fenomena alam, sosial dan budaya yang terjadi di sekitar kita.

Struktur teks eksplanasi

Teks eksplanasi terdiri atas:

  1. Pernyataan umum
  2. Deretan penjelas
  3. Interpretasi

1. Pernyataan Umum

Bagian yang berisi tentang penyampaian topik atau permasalahan yang menerangkan proses kenapa serta bagaimana suatu fenomena entah itu kejadian alam ataupun sosial bisa terjadi.

2. Deretan Penjelas

Bagian yang isinya tentang urutan proses terjadinya sebuah fenomena berdasarkan urutan waktu atau urutan proses.

3. Interpretasi

Bagian penutup yang pada umumnya berisi mengenai penegasan atau kesimpulan dari struktur-struktur di atas.

Ciri-ciri teks ekplanasi

Ciri-ciri teks ekplanasi yang membedakan dengan teks biasa.

  1. Teks berdasarkan fakta atau kenyataan
  2. Membahas kejadian yang bersifat keilmuan atau ilmu pengetahuan
  3. Bersifat informatif

Langkah-langkah meringkas teks eksplanasi

Langkah-langkah meringkas teks ekplanasi:

  1. Membaca keseluruhan teks
  2. Mencari gagasan utama
  3. Membuat kerangka teks
  4. Merevisi sesuai kaidah PUEBI

Contoh-Contoh Teks Eksplanasi Tentang Pentingnya Makanan Sehat Baik Untuk Tubuh

Berikut ini merupakan contoh teks eksplanasi tentang pentingnya makanan sehat baik untuk tubuh yang diambil dari internet.

Teks Eksplanasi Pentingnya Makanan Sehat Baik Untuk Tubuh

Makanan Sehat Untuk Menunjang Tumbuh Kembang Anak

Anak dalam masa pertumbuhan serta perkembangan sangat membutuhkan beragam jenis makanan yang kaya akan nutrisi yang tepat. Anak dengan nutrisi yang cukup maka proses tumbuh kembangnya akan lebih baik. Oleh karena itu maka sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui jenis makanan sehat yang harus dikonsumsi anak untuk menunjang pertumbuhan serta perkembangannya.

1. Susu

Susu merupakan sumber kalsium, protein dan lemak yang baik bagi pertumbuhan anak. Susu mengandung banyak kalsium yang akan sangat dibutuhkan oleh anak. Kalsium tersebut sangat penting perannya dalam pembentukan tulang dan gigi. Pembentukan tulang yang baik akan menunjang tumbuh kembang anak yang semakin aktif melakukan beragam aktivitas.

2. Kacang-kacangan

Makanan selanjutnya yang sama pentingnya terhadap tumbuh kembang anak yaitu kacang-kacangan. Anda sebagai orang tua dapat memberikan makanan olahan berbahan dasar kacang-kacangan untuk anak anda. Kacang-kacangan mengandung zat yang penting yaitu berupa vitamin e dan antioksidan.

3. Sayuran

Banyak anak yang tak suka dengan sayuran, padahal jika dilihat dari segi nilai gizinya, sayuran mengandung banyak zat yang sangat penting bagi proses tumbuh kembang anak yaitu berupa serat, vitamin, serta mineral. Sebagai orang tua, anda harus pintar mengolah sayuran agar mampu disukai oleh sang anak. Anda dapat mengolahnya bersama jenis makanan lainnya dan nantinya dibuat dengan bentuk yang lebih menarik agar anak mau untuk memakannya.

4. Buah-buahan

Didalam buah-buahan terkandung banyak vitamin yang dibutuhkan anak. Jika kebutuhan ini tak terpenuhi maka anak tak mendapatkan cukup zat gizi yang akan menunjang pertumbuhan serta perkembangan. Buah-buahan dapat dimakan langsung atau diolah menjadi jus ataupun campuran dalam pudding serta makanan lainnya.

5. Ikan Tuna

Di dalam ikan laut terkandung banyak zat yang akan bagus untuk pertumbuhan anak. Salah satu jenis ikan tersebut yaitu ikan tuna. Ikan tuna merupakan sumber protein yang tinggi dan mengandung beberapa nutrisi lainnya yaitu omega-3 serta mineral dan vitamin. Nah omega-3 tersebut sangat bagus untuk pertumbuhan dan pekembangan otak.

6. Yoghurt rendah lemak

Yoghurt merupakan bentuk olahan dari susu. Dalam yoghurt terkandung kalsium serta serat yang bagus untuk anak. Pemberian yoghurt tanpa lemak ini dapat ditambahkan dengan buah segar ataupun madu yang akan disukai oleh anak.

7. Daging

Daging mengandung protein serta zat besi yang akan sangat bagus untuk menunjang pertumbuhan serta perkembangan anak. Nah akan lebih baik jika anda menyajikannya tanpa lemak. Anda bisa memanggangnya ataupun dengan olahan lainnya. Nah perlu anda hindari mengolahnya dengan banyak menggunakan minyak.

Tumbuh kembang anak merupakan proses yang sangat penting. Hal tersebut akan menentukan kemampuan anak nantinya. Perbaiki jumlah dan sumber nutrisi yang akan diberikan kepada anak dengan beberapa jenis makanan sehat yang telah dijelaskan sebelumnya. Nutrisi yang tepat akan sangat mempengaruhi proses pertumbuhan pada anak.

Ide Pokok Teks Eksplanasi Pentingnya Makanan Sehat Baik Untuk Tubuh

Paragraf 1

Anak dalam masa pertumbuhan serta perkembangan sangat membutuhkan beragam jenis makanan yang kaya akan nutrisi yang tepat.

Paragraf 2

Susu sumber kalsium, protein dan lemak yang baik bagi pertumbuhan anak.

Paragraf 3

Kacang-kacangan mengandung zat yang penting yaitu berupa vitamin e dan antioksidan.

Paragraf 4

Sayuran mengandung banyak zat yang sangat penting bagi proses tumbuh kembang anak yaitu berupa serat, vitamin, serta mineral.

Paragraf 5

Di dalam buah-buahan terkandung banyak vitamin yang dibutuhkan anak.

Pargraf 6

Ikan tuna merupakan sumber protein yang tinggi dan mengandung beberapa nutrisi lainnya yaitu omega-3 serta mineral dan vitamin.

Paragraf 7

Dalam yoghurt terkandung kalsium serta serat yang bagus untuk anak.

Pargraf 8

Daging mengandung protein serta zat besi yang akan sangat bagus untuk menunjang pertumbuhan serta perkembangan anak.

Paragraf 9

Nutrisi yang tepat akan sangat mempengaruhi proses pertumbuhan pada anak

Ringkasan Teks Eksplanasi Pentingnya Makanan Sehat Baik Untuk Tubuh

Anak dalam masa pertumbuhan serta perkembangan sangat membutuhkan beragam jenis makanan yang kaya akan nutrisi yang tepat seperti susu, kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan, ikan tuna, yoghurt rendah lemak, dan daging. Susu merupakan sumber kalsium, protein dan lemak yang baik bagi pertumbuhan anak. Kacang-kacangan mengandung zat yang penting yaitu berupa vitamin e dan antioksidan. Sayuran mengandung banyak zat yang sangat penting bagi proses tumbuh kembang anak yaitu berupa serat, vitamin, serta mineral. Di dalam buah-buahan terkandung banyak vitamin yang dibutuhkan anak. Ikan tuna juga merupakan sumber protein yang tinggi dan mengandung beberapa nutrisi lainnya yaitu omega-3 serta mineral dan vitamin. Dalam yoghurt rendah lemak terkandung kalsium serta serat yang bagus untuk anak. Daging mengandung protein serta zat besi yang akan sangat bagus untuk menunjang pertumbuhan serta perkembangan anak. Nutrisi yang tepat akan sangat mempengaruhi proses pertumbuhan pada anak.