Kesehatan perlu diperhatikan dengan baik sehingga bisa membuat tubuh tetap sehat dan menghindari penyakit. Dimana ada banyak cara yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan. Seperti dengan berolahraga dengan rutin, mengkonsumsi makanan sehat, dan mendapatkan istirahat yang cukup. Selain pencegahan dengan mempunyai gaya hidup sehat tersebut, cara lain yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan manfaat dari asuransi kesehatan. Asuransi tersebut akan memberikan perlindungan apabila membutuhkan perawatan sehingga bisa meminimalisir kerugian yang didapatkan. Ketika akan memilih produk yang sesuai kebutuhan, Anda bisa memperhatikan beberapa jenisnya yang bisa dipilih seperti berikut ini:

1. Dari jenis perawatan

Jenis pertama yang bisa Anda pilih ketika akan memilih asuransi untuk perlindungan kesehatan adalah jenis perawatannya. Pertama Anda bisa memilih asuransi untuk rawat inap atau in patient treatment. Jenis ini merupakan produk yang akan memberikan perawatan bagi yang membutuhkan tinggal atau opname di rumah sakit. Salah satu jenis yang bisa dipilih untuk asuransi rawat inap ini adalah Flexi Health. Asuransi ini bisa dibeli dengan mudah di I Love Life dari Astra yang menawarkan santunan rawat inap 1 juta per harinya. Selain itu ada juga jenis asuransi perawatan rawat jalan atau outpatient treatment. Jenis ini bisa digunakan untuk perawatan yang membutuhkan pengamatan, rehabilitasi, pelayanan kesehatan, diagnosa, dan lainnya tanpa tinggal di rumah sakit.

2. Keikutsertaan

Jenis selanjutnya Anda bisa memilih asuransi kesehatan dari keikut-sertaannya. Apabila membeli asuransi biasanya ada yang harus atau wajib untuk dimiliki. Jenis ini biasanya harus dimiliki oleh individu yang merupakan seorang karyawan di perusahaan tertentu. Sehingga harus mengikuti program asuransi yang diberikan oleh kantor. Apabila mempunyai asuransi ini juga masih bisa untuk menggunakan asuransi perlindungan kesehatan lainnya di luar kantor. Dimana jenis lain yang bisa dipilih adalah dengan keikutsertaan secara sukarela. Produk sukarela tersebut bisa dimiliki dan dibeli secara bebas.

3. Biaya yang ditanggung

Apabila Anda akan memilih asuransi ini, juga bisa memperhatikan biaya yang akan ditanggung. Pilihan pertama adalah tanggungan total yang akan memberikan seluruh biaya perawatan yang dibutuhkan. Sehingga perusahaan asuransi akan memberikan biaya yang dibutuhkan untuk perawatan rawat inap maupun rawat jalan yang tertera di dalam polis asuransi yang dimiliki. Selanjutnya ada pilihan tanggungan tinggi saja yang akan memberikan biaya untuk biaya yang tergolong besar. Jenis ini tidak akan memberikan biaya apabila pengeluaran biaya yang dibutuhkan mempunyai nilai yang kecil seperti diagnosa, obat, pemeriksaan, dan lainnya.

4. Pihak yang ditanggung

Jenis terakhir ketika akan memilih asuransi perlindungan kesehatan adalah dari pihak yang ditanggung. Hal ini bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan yang dipunyai. Dimana untuk pihak yang ditanggung ada personal yang dapat memberikan biaya perlindungan bagi satu individu saja. Sedangkan untuk pilihan selanjutnya adalah bisa memberikan biaya perawatan bagi kelompok. Sehingga jenis ini bisa dimanfaatkan sebagai asuransi perlindungan kesehatan untuk keluarga, karyawan kantor, maupun kelompok tertentu.

Di atas merupakan jenis-jenis ketika akan memilih asuransi kesehatan. Sehingga Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan baik dari jenis perawatan, keikutsertaan, biaya yang ditanggung, hingga pihak yang ditanggung. Selain dari jenisnya, Anda juga perlu memperhatikan tips mudah lainnya agar bisa mendapatkan asuransi terbaik. Seperti dengan memilih asuransi dari besaran santunan yang diberikan, premi yang harus dibayarkan, dan dari perusahaan yang terpercaya.