Air Conditioning atau sering disebut AC pada mobil merupakan satu dari sekian banyak fitur yang sangat penting. Tentu saja, keberadaan AC akan menambah kenyamanan selama berkendara di berbagai cuaca.  Dengan demikian, melakukan perawatan AC secara rutin sangat penting, sehingga AC mobil akan selalu dalam kondisi terbaiknya.

Namun sayangnya, kebanyakan pemilik mobil baru akan melakukan service ketika AC sudah mengalami kerusakan, bahkan tak sedikit yang sudah parah. Hal tersebut menjadi penyebab utama AC mobil berumur singkat.

Padahal, perawatan secara berkala ini sangat bermanfaat guna memastikan komponen-komponen bekerja optimal. Nah, berikut ini, kami akan menyajikan informasi seputar estimasi atau perkiraan biaya perawatan dan service AC Mobil berdasarkan kendala yang menyertainya.

 

1. AC Mati Total


AC mobil yang mendadak mati akan merepotkan sangat, terutama ketika melakukan perjalanan jauh. Ketika mobil Anda AC mati total, maka Anda perlu service AC mobil secara total guna mengetahui penyebab real dari masalah matinya AC ini.

Beberapa penyebab bisa bersumber dari kompresor, V-Belt, atau kerusakan pada motor blower. Perkiraan service AC jika Anda mengalami masalah semacam ini sekitar 1 juta hinga 3 jutaan rupiah, tergantung tingkat kerusakannya.

 

2. AC Kurang Sejuk


AC yang kurang sejuk pada umumnya disebabkan karena kurangnya freon. Solusinya, Anda bisa melakukan isi ulang freon untuk mengatasi permasalahan satu ini. Jasa isi ulang freon sekitar 200 ribu rupiah saja. Namun jika setelah isi ulang freon tetap kurang dingin, Anda perlu melakukan pengecekan lainnya.

 

3. Blower Off, AC On


ketika AC menyala namun blower mati, itu artinya terdapat permasalahan di area blower. Biasanya service yang diperlukan berpusat pada checking sekring, resistor, motor, relay, ataupun saklar blower. Untuk estimasi harga sekring sekitar 5 ribu hingga 10 ribu per item.

Sedangkan, jika permasalahan terjadi di motor blower, maka harga bisa bervariasi menyesuaikan jenis mobilnya. Pada umumnya untuk motor atau saklar blower, harganya sekitar 300 ribu hingga 700 ribu rupiah.

 

4. Bau Tidak Sedap


Pernahkah Anda mendapati mobil Anda beraroma tidak sedap? Kondisi semacam ini tentu saja membuat berkendara menjadi tidak nyaman dan terganggu. Jika bukan karena kenalpot kendaraan di depan Anda atau kondisi lingkungan yang dilewati, bisa dipastikan bau tidak sedap bersumber dari mobil, terutama AC Anda sendiri.

Apabila setelah dilakukan analisa, bahwa bau tidak sedap bersumber dari AC, maka Anda bisa mengecek apakah terdapat kebocoran pada mesin atau kabin yang kotor. Akan tetapi, jika Anda masih belum bisa mengatasinya, maka Anda bisa melakukan perbaikan ke bengkel dengan perkiraan biaya sekitar 200 ribu hingga 400 ribu rupiah.

 

5. Perawatan AC Berkala


Agar tidak terjadi permasalahan atau kerusakan yang fatal, Anda perlu rutin dan berkala melakukan perawatan AC Mobil. Jangan menunggu Ac rusak baru service, karena ada baiknya deteksi permasalahan dilakukan sejak dini.

Apalagi jika mobil Anda masih memiliki garansi atau layanan service gratis. Jangan sia-siakan layanan tersebut untuk dimanfaatkan menjaga kondisi mobil agar tetap prima. Bahkan, jikalau berbayar, ketika permasalahan tidak cukup parah, biayanya pun akan lebih murah.

Perawatan dan pengecekan kondisi AC mobil tidak hanya penting bagi mobil dengan mobilitas tinggi. Tetapi tetap diperlukan untuk mobil yang jarang dipakai sekalipun.

Nah, itulah ulasan mengenai perkiraan biaya service AC mobil dilihat dari segi permasalahan yang menyertainya. Ingat! Mencegah lebih keren ketimbang mengobati. Semoga bermanfaat.