Apakah Anda mengetahui bahwasanya asupan makanan dan minuman yang masuk ke tubuh tidak hanya memberikan energi, tetapi juga mempengaruhi daya konsentrasi pada otak? Fakta yang ada menunjukkan bahwa makanan yang dikonsumsi bisa mempengaruhi aliran darah dan oksigen menuju otak. Kondisi tersebut bisa memberi pengaruh seberapa lama Anda bisa fokus menjalankan aktivitas.

Nah bagi Anda yang sering kehilangan fokus dan konsentrasi saat aktivitas, berikut ini beberapa makanan yang membantu fokus dan konsentrasi otak.

Makanan dan minuman yang meningkatkan fokus dan konsentrasi

 

Air putih

Tubuh manusia lebih dari 70 persen terdiri dari air. Oleh karenanya tubuh sangat tergantung air, termasuk sistem saraf dan otak. Konsumsi air yang kurang pada tubuh bisa menurunkan konsentrasi, mudah lelah, sakit kepala, dan beragam masalah lain.

Nah untuk memaksimalkan kerja dan fungsi otak, minum ar putih harus selalu cukup. Setidaknya Anda harus minum delapan gelas sehari agar otak maksimal.

Buah pisang

Buah pisang memiliki kandungan potasium yang penting untuk tubuh manusia. Potasium merupakan mineral penting yang bisa membantu kerja otak, jantung, dan saraf manusia. Nah, bagi anda yang mulai kehilangan konsentrasi pada siang hari, mungkin anda bisa ngemil makanan satu ini tuk kembalikan kontrasi anda.

Telur

Kandungan omega-3 pada telur banyak memiliki manfaat bagi tubuh manusia. Omega-3 bisa meningkatkan kerja otak manusia. Tak hanya itu, mengonsumsi telur bisa meningkatkan daya ingat dan suasana hati. Senyawa kolin pada telur juga bisa menjaga selaput otak agar tetap sehat.

Ikan salmon

Asam lemak omega-3 pada ikan salmon berfungsi meregenerasi sel-sel otak dan memperlambat penurunan kognitif manusia. Ikan salmon juga bermanfaat menguatkan sinopsis otak yang berkaitan dengan sel memori daya ingat.

Selain itu, ikan salmon yang mengandung protein juga bermanfaat dalam menjaga otak manusia untuk tetap konsentasi dan fokus saat mengerjakan aktivitas seharian.

Minuman teh hijau

Kandungan alami yang dimiliki oleh teh hijau seperti kafein bermanfaat dalam membantu konsentrasi dan fokus. Teh hijau yang mengandung kafein kadarnya lebih rendah bila dibandingkan dengan kopi. Selain itu juga terdapat kandungan asam amino theanine. Asam amino theanine ini bisa meningkatkan daya konsentrasi dan fokus pada otak.

Buah blueberry

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi jus blueberry setiap harinya selama dua bulan lamanya, maka bisa meningkatkan kinerja, hasil tes belajar yang lebih bagus, dan meningkatkan memori otak yang cukup signifikan.

Kandungan antioksidan pada buah blueberry bisa meningkatkan daya ingat dan memori dengan mengaktifkan enzim pelindung otak.

Coklat hitam

Orang yang mengonsumsi coklat hitam dengan kandungan 60 persen kakao dapat meningkatkan fungsi otak dalam konsentrasi dan fokus. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ahli menemukan bahwa orang yang secara rutin minum dua cangkir coklat tiap hari dalam waktu selama satu bulan maka aliran darah yang menuju otak akan lancar. Sehingga bisa meningkatkan kinerja tes memori otak yang lebih baik.

Mengonsumsi coklat hitam dengan rutin juga dapat meningkatkan kadar endorfin dan serotonin. Kadar tersebut berperan penting dalam meningkatkan daya konsentrasi pada otak.

Nah, bagi anda yang berburu makanan dan minuman sehat, kini anda bisa mendapatkannya dengan mudah di Toko SehatQ. Sebagai platform kesehatan digital Indonesia terbaik, Sehatq.com akan menjadi teman setia tuk peroleh informasi kesehatan paling akurat dan update, pun dalam memenuhi segala kebutuhan terkait makanan dan minuman sehat anda.