Jerawat menjadi salah satu masalah kesehatan yang paling ditakuti oleh banyak kalangan, khususnya anak remaja dan dewasa muda. Selain membuat penderitanya kurang percaya diri, jerawat yang muncul di space wajah yang tidak tepat dapat memberikan rasa sakit.

Sejatinya, jerawat merupakan penyakit kulit yang dapat sembuh dan hilang tanpa memerlukan pengobatan. Dalam kurun waktu beberapa hari sampai beberapa minggu, jerawat pasti akan mengempis dan jarang meninggalkan bekas pada permukaan kulit yang tidak bisa hilang.

Meski begitu, jerawat tetap menjadi salah satu gangguan kesehatan yang banyak dianggap momok oleh sebagian orang. Oleh karenanya, tak sedikit orang yang rela rutin melakukan perawatan wajah dengan biaya yang tidak murah pula agar jerawat tidak muncul lagi. Semua itu dilakukan untuk meningkatkan kembali rasa percaya diri.

Padahal, untuk menghilangkan jerawat Anda juga bisa melakukan perawatan dari bahan alami. Hasilnya pun dijamin dapat membuat wajah tetap bersih dan terhindar dari noda bekas jerawat. Daripada penasaran, berikut adalah cara menghilangkan jerawat secara alami.

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami

Pemakaian bahan alami yang mudah ditemukan sehari-hari ternyata dapat membantu menghilangkan dan mengurangi risiko timbulnya jerawat. Apa saja bahan-bahan yang dapat digunakan?

1. Es Batu
Salah satu bahan alami yang dapat digunakan dan mudah ditemukan adalah es batu. Dengan mengaplikasikan es batu, peradangan yang disebabkan oleh jerawat dapat dikurangi karena memberikan sensasi dingin pada kulit. Es batu juga dapat meredakan gejala kulit kemerahan serta pembengkakan yang disebabkan oleh jerawat.

Cukup dengan membungkus es batu menggunakan kain bersih dan menempelkannya pada area kulit yang berjerawat. Tidak perlu lama, khasiat tersebut bisa didapatkan dengan menempelkan es batu selama kurang lebih satu menit saja.

2. Putih Telur
Bukan hanya es batu, putih telur juga dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan jerawat yang membandel. Sama dengan es batu, putih telur mampu mengurangi gejala peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

Tidak hanya itu, manfaat putih telur lainnya bagi kulit adalah untuk mengencangkan serta membantu menjaga produksi minyak. Manfaat tersebut bisa didapatkan dengan menggunakan putih telur sebagai masker wajah.

Caranya? Anda hanya perlu membalurkan putih telur secara merata ke seluruh area wajah atau bisa juga pada titik yang berjerawat saja. Setelah didiamkan selama 10 menit, masker putih telur tersebut bisa dibilas dengan air hingga bersih.

3. Madu
Jerawat juga bisa disembuhkan dengan mengaplikasikan masker wajah yang terbuat dari madu. Madu dipercaya mampu menjaga populasi bakteri baik pada kulit wajah sehingga mampu membantu jerawat maupun penyakit kulit lainnya untuk sembuh lebih cepat.

Masker madu dapat dibuat dengan cara mencampurkan sekitar tiga sendok makan madu dengan kayu manis sebanyak 1 sendok makan. Setelah tercampur, panaskan menggunakan microwave selama kurang lebih 30 detik lalu tunggu hingga agak dingin.

Kemudian, tinggal oleskan masker madu tersebut pada wajah dengan merata. Tunggu sekitar 10 menit hingga masker madu dapat meresap ke dalam kulit lalu bilas dengan air. Dengan begitu, manfaat dari menggunakan masker madu akan langsung terasa pada kulit yang berjerawat.

4. Mentimun
Cara menghilangkan jerawat secara alami yang terakhir adalah dengan memanfaatkan mentimun. Buah yang sering dijadikan sebagai teman makan ini ternyata tidak hanya memiliki khasiat untuk menyembuhkan kelopak mata yang membengkak dan mata panda saja. Mentimun diketahui dapat meredakan peradangan yang terjadi pada kulit yang berjerawat.

Tidak hanya itu, mentimun juga dapat memberikan sensasi dingin dan menyegarkan pada kulit sehingga bisa dijadikan sebagai media untuk relaksasi. Untuk bisa mendapatkan manfaat dari mentimun ini, Anda dapat memotongnya tipis dan langsung menempelkannya pada permukaan wajah yang berjerawat. Dengan begitu, khasiat dari buah ini akan langsung bisa dirasakan pada kulit.

Perawatan Wajah Alami yang Bisa Diaplikasikan untuk Mengatasi Jerawat

Agar kondisi kulit tetap terjaga, Anda juga perlu melakukan perawatan wajah secara rutin. Cara perawatannya pun tidak sulit dan hanya memerlukan alat serta bahan yang gampang ditemukan di supermarket ataupun toko biasa. Yang pasti, perawatan wajah secara alami ini harus dilakukan secara berkala agar khasiatnya tetap bekerja.

* Rutin mencuci muka dengan menggunakan sabun dengan bahan yang lembut: Salah satu penyebab utama munculnya jerawat adalah tersumbatnya pori-pori pada wajah karena kotoran. Alhasil, cairan yang seharusnya dikeluarkan melalui lubang pori tersebut malah menumpuk dalam kulit dan menimbulkan jerawat. Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, rutin membasuh muka menjadi solusi pertama yang harus dilakukan. Terlebih setelah melakukan olahraga dan menggunakan alat rias, wajah harus dibilas bersih agar tidak ada kotoran yang tersisa di atas permukaan kulit. Dengan begitu, risiko munculnya jerawat akan jadi jauh lebih kecil.

* Mengoleskan toner pada wajah: Setelah rutin mencuci wajah dengan bersih, Anda dapat mengaplikasikan toner agar kebersihan kulit menjadi lebih terjaga. Pasalnya, ada beberapa jenis kotoran atau make up yang tidak hilang jika hanya dibersihkan dengan menggunakan air biasa. Selain itu, mengoleskan toner juga dapat mengembalikan pH pada kulit yang mungkin hilang saat berolahraga atau karena make up. Toner juga memiliki khasiat untuk mencegah kulit mengering serta menekan jumlah produksi minyak pada wajah. Manfaat toner tersebut tentu dapat menghambat munculnya beragam penyakit kulit, termasuk jerawat.

* Menggunakan pelembap: Jika penggunaan toner dirasa masih belum cukup untuk mengatasi jerawat, maka juga bisa menggunakan pelembap agar membantu menjaga kadar kelambapan kulit. Saat terjaga kelembapannya, wajah tidak akan memproduksi minyak secara berlebih. Jangan lupa pula untuk memilih pelembap wajah dengan label noncomedogenic karena jenis pelembap tersebut khusus ditujukan untuk kulit yang berjerawat.

* Menggunakan tabir surya: Ya, bagi sebagian orang, jerawat dapat muncul karena kulit terlalu sering terpapar sinar matahari secara langsung. Alhasil, kondisi kulit yang sudah berjerawat akan menjadi semakin parah. Namun, sebelum mulai mengaplikasikan tabir surya atau sunblock, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ahli karena kebanyakan produk tersebut bersifat comedogenic. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan produk tabir surya atau sunblock yang baik digunakan pada jenis kulit yang berjerawat.

Metode Pencegahan Utama agar Tidak Terserang Jerawat Adalah Menjaga Gaya Hidup

Dalam menjaga diri agar tidak terserang jerawat, cara pencegahan utama yang wajib untuk dilakukan adalah dengan mencanangkan gaya hidup yang sehat. Segala perawatan dan penggunaan bahan alami untuk menghilangkan jerawat di atas tidak akan membuahkan hasil jika gaya hidup dan pola makan masih dilakukan secara sembarangan.

Istirahat cukup serta menjaga pikiran agar tidak stres juga wajib agar jerawat tidak dengan mudah muncul dan kambuh kembali. Bila perlu, lakukan olahraga secara rutin dan teratur agar kotoran dan bakteri dapat turut dikeluarkan bersamaan dengan keringat. Dengan begitu, risiko munculnya jerawat akan menjadi lebih kecil.

Jika setelah melakukan berbagai cara perawatan dan pengobatan alami tersebut jerawat masih belum sembuh, jangan ragu untuk berkonsultasi langsung dengan dokter. Dengan begitu, penanganan serta pengobatan yang cocok untuk kulit yang berjerawat bisa segera dilakukan. Kulit pun bisa terhindar dari noda atau bercak hitam bekas jerawat yang bisa mengganggu penampilan.