Setelah melakukan sebuah percobaan, tentu setelahnya kamu wajib menyusun laporan atas percobaan tersebut bukan? Nah, laporan percobaan tersebut umumnya disebut sebagai teks laporan percobaan. Secara umum, teks laporan percobaan kerap digunakan untuk melaporkan suatu hasil dari adanya percobaan, karya ilmiah, ataupun laporan praktikum. Jika kamu masih bingung dengan struktur dan contoh teks laporan percobaan ini, berikut Mamikos sudah rangkumkan informasinya untuk kamu.

Berikut Struktur dan Contoh Teks Laporan Percobaan

Contoh Teks Laporan Percobaan

Teks laporan percobaan merupakan teks yang menceritakan tentang percobaan yang dilakukan oleh peneliti. Teks ini dibuat untuk memberikan informasi kepada orang lain mengenai hasil percobaan yang telah dibuat. Percobaannya sendiri dapat dilakukan secara berkelompok atau individu.

Apa Itu Teks Laporan Percobaan?

Teks laporan percobaan adalah jenis teks yang isinya paparan mengenai tujuan, proses, dan hasil dari percobaan yang dilakukan oleh seorang peneliti. Teks laporan percobaan juga kerap disebut sebagai teks laporan eksperimen. Biasanya, kelompok yang melakukan percobaan punya dugaan hasil atau hipotesis. Dugaan hasil inilah yang harus diuji dan dibuktikan dalam kegiatan percobaan.

Ciri-ciri Teks Laporan Percobaan

Ketika menulis teks laporan percobaan, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebagai ciri-ciri laporan. Apa saja ciri-ciri teks laporan percobaan ini? Berikut Mamikos berikan rinciannya.

  1. Objektif
    Teks laporan percobaan berfungsi untuk menyampaikan informasi atau data sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya. Apabila hasil tidak sesuai hipotesis, sampaikan apa adanya sesuai hasil percobaan yang dilakukan. Misalnya, kamu sedang menguji perbandingan vitamin C pada buah jeruk dan stroberi.
    Kamu menduga buah jeruk punya vitamin C lebih tinggi daripada stroberi. Ternyata, setelah dilakukan percobaan, hasilnya tidak sesuai dugaan. Nah, jika hipotesis tidak sesuai hasil, sampaikanlah hasil percobaan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
  2. Berupa Fakta
    Hasil yang disampaikan dalam teks laporan percobaan benar-benar sudah dilakukan. Penyampaian kalimat pun harus berupa fakta. Coba bandingkan kedua kalimat di bawah ini:

    1. Kandungan vitamin C stroberi sekitar 29 mg tiap 100 mg.
    2. Terkandung 54 mg vitamin C dalam setiap 100 mg jeruk.
      Kalimat a) bukanlah fakta karena informasinya belum pasti dan terkesan masih berupa dugaan karena penggunaan kata “sekitar.” Sedangkan, kalimat b) berupa fakta karena menyampaikan informasi secara pasti dan bisa dibuktikan.
  3. Lengkap
    Kamu harus menyampaikan semua informasi dalam teks laporan percobaan, Quipperian. Tulis selengkap-lengkapnya supaya pembaca bisa mengerti laporan secara utuh dan bisa bermanfaat.
  4. Memiliki Ciri Kebahasaan
    Kemudian, untuk ciri-ciri kebahasaannya ialah sebagai berikut:

    1. Memakai sinonim dan antonim
      Secara umum dalam teks laporan percobaan ada kata yang bersinonim serta kata yang berantonim. Sinonim adalah persamaan kata, sementara antonim adalah lawan kata. Didalam teks laporan percobaan, antonim dan sinonim ini biasanya terdapat pada bagian di sejumlah langkah percobaan.
    2. Memakai kata bilangan
      Kata bilangan dalam teks laporan percobaan ini menunjukan jumlah bahan yang dipakai dalam percobaan.
    3. Menggunakan kalimat perintah
      Contoh sebuah kalimat perintah dalam teks laporan percobaan antara lain (siapkan, tambahkan, tuangkan, aduklah, hindari, sebaiknya, cmpurkan, dan lain lainnya).
    4. Menggunakan kata hubung
      Selain memakai kata perintah, teks laporan percobaan memakai pula kata hubung. Contoh kata hubung yang ada dalam teks laporan percobaan antara lain (dan, saat, jika, sehingga, tetapi, apabila, meskipun, dan lainnya).

Struktur Teks Laporan Percobaan

Berikut adalah struktur teks laporan percobaan:

  1. Judul
  2. Tujuan
  3. Bahan dan alat
  4. Langkah-langkah kegiatan
  5. Hasil percobaan
  6. Simpulan

Langkah-langkah Membuat Teks Laporan Percobaan

Setelah memahami pengertian, ciri-ciri dan struktur dari teks laporan percobaan, kini kamu juga wajib mengetahui langkah-langkah menulis teks laporan percobaan. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Menulis Struktur dari Teks Laporan Percobaan
    Langkah pertama dalam membuat teks laporan percobaan ialah terlebih dahulu dengan cara membuat struktur teks laporan percobaan. Langkah ini bisa dimulai dari:

    • Menulis judul
    • Tujuan percobaan
    • Alat serta bahan yang dipakai
    • Dan langkah awal sampai akhir percobaan.
  2. Tulislah hasil dari percobaan ke dalam bentuk grafik, tabel, bagan atau gambar
    Agar pembaca lebih mudah dalam memahami hasil dari percobaan kamu. Sesudah semuanya selesai, selanjutnya tulislah kesimpulan dari hasil percobaan yang telah dilakukan.
  3. Mengembangkan kerangka jadi sebuah teks
    Setelah kamu menyelesaikan kerangka tersebut, kembangkanlah kerangka tersebut menjadi sebuah teks. Jangan lupa pula untuk memerhatikan kaidah dari kebahasaannya yang dipakai supaya teks percobaan ini mudah dipahami oleh pembaca.

Contoh Teks Laporan Percobaan

Agar kamu memiliki referensi dalam membuat teks laporan percobaan, di bawah ini Mamikos sudah rangkumkan beberapa contohnya.

1. Contoh Teks Laporan Percobaan Membuat Taplak Meja

Judul : Membuat Taplak Meja
Taplak meja kadang digunakan untuk menghias meja dan paling banyak tersedia di sejumlah toko dengan harga yang lumayan. Namun, apa kalian pernah berfikir untuk membuat sebuah taplak meja sendiri? Sebenarnya, kalian bisa saja membuat taplak meja sendiri yang biayanya malah relatif lebih murah.

Tujuan
Pembuatan taplak meja ini bertujuan supaya kita bisa memanfaatkan sejumlah barang bekas yang ada disekitar kita. Jadi, akan lebih bernilai serta bermanfaat.

Alat dan Bahan:

  • 2 meter kain perca
  • Jarum & benang
  • Pensil, gunting, & kertas
  • Jangka

Langkah-langkah Membuatnya:

  1. Buatlah sebuah sketsa gambar terlebih dulu di kertas dengan memakai jangka berdiameter 8 cm, lalu gunting sesuai pada pola jangka tersebut.
  2. Tempelkan pada kain perca kemudian jiplak polanya & gunting kain percanya. Ulang hingga 60 bulatan
  3. Jahit pinggirnya kemudian tarik lalu di tali. Ulang sampai 60 bulatan.
  4. Langkah berikutnya, rangkaikan bulatan satu dan bulatan yang lain lalu bentuk pola mirip dengan taplak meja.
  5. Sesudah membentuk sebuah pola seperti yang kamu inginkan, jahit bulatan satu dan yang lainnya.
  6. Kemudian sesudah selesai membentuk taplak meja, maka kamu bisa merapihkan jahitan tersebut agar terlihat lebih indah.

Hasil
Jadilah sebuah taplak meja dengan beberapa kreasi tangan kamu sendiri. Sekarang kamu bisa meletakkan taplak meja tadi di meja ruang makan maupun bisa juga di meja ruang tamu. Kamu bisa mengembangkannya sebagai peluang usaha yang sangat menguntungkan.

Kesimpulan
Membuat taplak meja tersebut tidaklah sulit, namun kamu juga harus sabar dan telaten serta ulet dalam proses pengerjaannya. Sehingga, hal ini akan mengasah dan mengembangkan sebuah keterampilan yang kalian miliki, sekaligus kamu juga dapat menghemat biaya serta bisa menambah keuntungan bila kamu memanfaatkannya menjadi peluang usaha.

2. Contoh Teks Laporan Percobaan Membuat Slime

Judul: Teknik Pembuatan Slime Aman Tanpa Boraks

Tujuan

Teknik membuat slime ini sangat banyak manfaatnya dalam kehidupan yaitu melakukan pemanfaatan barang sederhana untuk memenuhi kebutuhan yang lain, serta mengurangi gaya hidup komsumtif dalam masyarakat.

Alat dan Bahan:

  • Sediakan deterjen bubuk serta detergen cair secukupnya
  • Lem povinal
  • Cairan pembersih lantai
  • Sendok atau alat pengaduk lainnya yang ada
  • Air secukupnya
  • Siapkan juga wadah sebagai tempat slime bisa menggunakan baskom atau jenis wadah lainnya

Langkah-langkah Pembuatan Slime:

  1. Langkah awal (Activator). Langkah ini adalah mencampurkan semua bahan seperti pembersih lantai, lem povinal, detergen cair, serta detergen buku, lalu tambahkan air secukupnya ke dalam campuran pada wadah yang telah disiapkan terlebih dahulunya.
  2. Campurkan serta aduk sampai semua bahan tersebut tercampur dengan merata
  3. Setelah tercampur rata tambahkan sedikit lem povinal kembali ke wadah yang berisi bahan adukkan tadi.
  4. Tetap aduk hingga tekstur bahan tidak lagi menggumpal dan bercampur dengan rata.
  5. Lalu setelah itu masukkan bahan campuran diatas ke dalam frezeer dengan waktu 5 sampai 10 menit.
  6. Setelah dikeluarkan dari freezer lakukan pengadukkan pada bahan sampai bahan kalis atau sampai bisa dimainkan.
  7. Slime pun sudah siap untuk dipergunakan.

Hasil Percobaan

Slime ini lebih aman digunakan anak-anak pada saat ini. Slime tidak menggunakan boraks yang memiliki kandungan zat yang berbahaya.

Kesimpulan

Slime ini sangat mudah dikerjakan, selain dapat menunjang kreatifitas, teknik pembuatan slime dapat dijadikan waktu kebersamaan yang produktif. Selain itu lebih hemat uang karena menggunakan bahan-bahan yang ada di dalam rumah.

3. Contoh Teks Laporan Percobaan Membuat Ice Cream

Judul : Membuat Ice Cream Vanila Sehat

Tujuan

Ice cream adalah jenis makanan yang paling disukai oleh anak-anak. Namun ice cream ini dibuat dengan bahan yang tidak banyak mengandung gula dan pewarna yang mengakibatkan demam dan batuk. Tetap lezat dan sehat pastinya.

Alat dan Bahan:

  • 1 Liter susu segar
  • 200 g gula pasir
  • 4 butir kuning telur ayam yang sudah dikocok
  • Lalu 1 sendok makan vanilli

Langkah-langkahnya:

  1. Masak susu segar beserta gula pasir ke dalam panci ke dalam air yang mendidih sambil di aduk-aduk.
  2. Lalu masukkan larutan tepung maizena dengan sesendok susu ke dalam rebusan susu tersebut hingga merata.
  3. Lalu campurkan dengan vanili dan kembali diaduk
  4. Kemudian saring susuh ke dalam wadah lain yang telah disiapkan
  5. Setelah itu kuning telur yang telah dikocok dicampurkan dan aduk agar merata dengan sempurna
  6. Setelah merata biarkan dan diamkan selama kurang lebih 10 menit.
  7. Adonan ice cream siap dimasukkan ke dalam freezeer atau lemari ice
  8. Aduk kembali ice creamnya setelah 15 menit dan lakukan itu sebanyak 3 kali agar ice cream benar-benar lembut dan halus.
  9. Dan setelah itu masukkan ke dalam freezer kembali selama kurang lebih 8 jam sampai beku dan sempurna teksturnya

Hasil Percobaan

Ice cream ini rasanya tetap lezat seperti ice cream pada umumnya namun lebih sehat karena tidak pakai pewarna buatan dan gula buatan. Percobaan ini dilakukan oleh kelompok kelas unutk memenuhi tugas kewirausahaan.

Kesimpulan

Pelajaran kewirausahaan ini memberikan pengalaman yang sangat menyenangkan bisa membuat makanan sendiri untuk dikonsumsi sendiri, mudah, lezat dan sehat tentunya. Selain itu kegiatan ini juga dapat dijadikan sebagai pengembangan bisnis rumahan yang lumayan menguntungkan.

4. Contoh Teks Laporan Percobaan Prakarya

Judul: Membuat Bintang dari Origami

Tujuan

Kertas origami dapat dimanfaatkan menjadi sesuatu benda yang berharga dan bernilai. Salah satunya bintang-bintang kecil yang dapat dijadikan hiasan ruangan dan dinding yang unik. Kertas akan dibuat menjadi bahan yang multiguna untuk menghasilkan barang lain. Adapun langkah-langkah pengerjaan percobaan ini adalah sebagai berikut.

Alat dan Bahan:

  • Siapkan Kertas origami yang penuh degan warna-warni
  • Gunting untuk membentuk kertas origami menjadi pola-pola tertentu
  • Siapkan Pulpen juga untuk menandai pola
  • Pensil
  • Penggaris

Langkah-langkah Pembuatan:

  1. Kertas origami yang telah disiapkan terlebih dahulu potong selebar 1 cm dengan panjang kurang lebih 10 cm. Ukuran bintang yang akan dibentuk ukuran mini sehingga origami digunting seukuran tersebut.
  2. Untuk menambah nilai keunikkan atau bisa saja untuk memberi semangat baru, kertas origami yang telah dipotong dapat ditulis sesuai dengan kata-kata yang disukai atau quotes yang menarik. Namun jika tidak suka poin ini bisa di skip.
  3. Kemudian, lipat seperti pita salah satu ujung origami yang sudah dipotong. Lalu ujung yang satunya masukkan ke dalam lubang yang satu. Serta sisa kertas nya masukkan ke bagian yang belakangnya.
  4. Ujung kiri kertas origami membentuk segi 5 dengan ukuran sisi yang sama. Lalu sisi kanan di lipat kertas. Ikuti sesuai degan alur yang telah ada. Kertas akan berbentuk segi lima, ujung-ujung kertas dapat dirapihkan kembali dengan jempol kuku atau menggunakan jari telunjuk.

Hasil Percobaan

Warna warni kertas origami membuat bintang-bintang kecil yang telah selesai dibentuk. Dapat direntengi menggunakan benang atau diletakkan dalam wadah kaca atau tembus pandang sebagai hiasan ruangan menjadi penuh warna. Sangat mudah, murah dan kreatifitas ini dapat dibuat dengan menggunakan bahan lain selain origami.

Kesimpulan

Kreatifitas origami tidak saja dapat dibentuk menjadi bintang-bintang kecil tetapi dapat dijadikan kupu-kupu maupun belalang. Untuk meningkatkan kreatifitas anak membuat karya ini bersamaa anak dan anggota keluarga sangat menyenangkan.

5. Contoh Teks Laporan Percobaan Membuat Telur Asin

Judul: Membuat Telus Asin

Tujuan

Telur asin merupakan telur yang terbuat dari bebek yang mengalami proses pengasinan terlebih dahulu. Telur asin memiliki banyak vitamin dan gizi sehingga mengkonsumsinya bermanfaat bagi tubuh. Membuat telur asin dengan cara tradisional sebenarnya sangat mudah karena bahan dan alatnya menggunakan bahan sederhana.

Alat dan Bahan:

  • Telus bebek
  • Abu gosok
  • Tanah liat
  • Garam
  • Ampelas

Langkah-langkah:

  1. Pilih telur bebek kemudian dicuci dan kulitnya diampelas sampai tipis
  2. Campurkan tanah liat, garam dan abu gosok sampai tercampur semua
  3. Lapisi telur yang sudah diamplas menggunakan bahan yang sudah dicampur tadi
  4. Diamkan telur pada ruang normal sampai 20 hari atau 3 minggu

Hasil Percobaan

Telur bebek yang dibuat melalui tahap dan prosespembuatan diatas akan menghasilkan telur asin yang sempurna dan lezat serta sangat cocok dikonsumsi dengan nasi. Membuat telur asin sebenarnya merupakan varian lain ketika ingin mengkonsumsi telur, khususnya telur bebek yang terkenal amis. Dengan pengasinan ini telur menjadi tidak terlalu amis.

Kesimpulan

Telur asing yang memiliki kandungan gizi yang lengkap ini sangat cocok dikonsumsi oleh masyarakat segala usia. Tapi perlu diingat untuk menghindari konsumsi telur asin bagi yang menderita darah tinggi karena kandungan garam telur asin yang tinggi dapat memicu tekanan darah naik. Tidak dianjurkan juga mengkonsumsi dalam jumlah banyak.

6. Contoh Teks Laporan Percobaan Tanaman Hidroponik

Judul: Menanam Tanaman Hidroponik dengan Alat Sederhana

Tujuan 

Di zaman yang semakin canggih ini kehidupan manusia semakin cenderung komsumtif sehingga produktifitas manusia serta kreatifitasnya menjadi sangat rendah. Salah satu upaya untuk tidak berperilaku komsumtif adalah belajar budidaya tanaman hidroponik untuk makanan sehari-hari.

Alat dan Bahan:

  • 1 botol air mineral
  • Kemudian sediakan alat pemotong
  • Kain flanel atau sumbu kompor
  • Solder untuk melubangi
  • Serta siapkan air nutrisi
  • Talang, Pipa serta pompa air

Langkah Pembuatan dengan Percobaan 1

  1. Potonglah botol air mineral yang telah disediakan terlebih dahulu menjadi 2 bagian.
  2. Lalu lubangi tutup botolnya.
  3. Berikutnya, moncong botol diarahkan menghadap ke bawah lalu gabungkan dengan bagian botol yang satu bagian tadi.
  4. Kain flanel atau sumbu kompor yang telah disiapkan tadi dipasangkan ke lubang tutup botol, aturlah dan pastikan kalau sumbu dapat menyerap air nutrisi.
  5. Setelah itu bibit tanaman dapat ditanamkan di bagian atas botol dengan menggunakan tanah secukupnya.
  6. Bagian botol yang bawah diisi dengan air nutrisi

Langkah Pembuatan dengan Percobaan 2

  1. Langkah kedua diawali dengan menyiapkan talang, atau pipa serta pompa
  2. Buatlah lubang dengan ukuran yang sama antara yang satu dengan yang lainnya
  3. Susunlah talang atau pipa tadi sesuai dengan tempat yang sudah disiapkan untuk dijadikan tanaman hidroponik ini.
  4. Siapkan penampung yang lebih rendah pada ujung pipa
  5. Lalu, pasang pompa untuk dapat mengalirkan alir dengan sempurna dan maksimal.

Hasil Percobaan 1

Dengan bahan sederhana tanaman hidroponik juga dapat tumbuh dengan baik sebagaimana yang diharapkan, konsep percobaan I ini lebih hemat biaya dan hemat waktu. Tumbuhan yang dimakan juga sangat sehat dan dapat dikonsumsi untuk kebutuhan sehari hari

Hasil percobaan 2

Tanaman dengan cara kedua ini tumbuh dengan baik sebagaimana yang diinginkan. Dan tumbuhan juga sangat sehat untuk dikonsumsi. Dapat dilihat bahwa dengan percobaan II ini tanaman hidro ini tumbuh dengan proses akar yang dialiri air nutrisi pada lapisan nutrisi, oksigen serta aliran air yang maksimal.

Kesimpulan

Antara percobaan I dan II semua tanaman hidroponik tumbuh dengan baik sebagaimana yang diharapkan namun percobaan I lebih murah dibanding cara II yang harus menggunakan pipa dan pompa. Dua-dua memiliki hasil yang sama dan dapat digunakan dengan tempat yang sama.

7. Contoh Teks Laporan Percobaan Membuat Kecambah Kedelai

Judul: Membuat Kecambah Kedelai

Tujuan

Kecambah kedelai merupakan salah satu sayuran yang memiliki kandungan gizi yang baik. Selain menyehatkan, kecambah kedelai juga memiliki rasa khas yang lezat sehingga banyak disukai oleh masyarakat Indonesia.

Alat dan Bahan:

  • Biji kedelai kering
  • Wadah ukuran besar
  • Air untuk membersihkan dan merendam kedelai
  • Ember yang beri lubang-lubang kecil di bagian bawah atau besek bambu

Langkah-langkah:

  1. Bersihkan kedelai yang sudah dipersiapkan dari kedelai yang rusak lalu gunakan wadah untuk mencuci kedelai.
  2. Rendam kedelai yang sudah dibersihkan sampai seluruh kedelai terendam. Proses perendaman dilakukan antara 6-8 jam.
  3. Biji yang sudah direndam akan tampak mekar selanjutnya dilakukan proses penyemaian dengan memindahkan kedelai pada ember yang telah dilubangi atau besek bambu.
  4. Simpan kedelai pada tempat yang lembab dan tidak terkena sinar matahari.
  5. Siram kedelai antara 3-4 jam.
  6. Kecambah kedelai sudah bisa dipanen setelah 3 hari atau setelah kecambah panjang.

Hasil Percobaan

Kecambah kedelai yang dibuat berdasarkan prosedurnya akan menghasilkan kecambah kedelai yang panjang dan siap diolah menjadi makanan lezat dan bergizi. Biji kedelai sedikit saja sudah bisa menghasilkan kecambah yang banyak dan beratnya mencapai dua kali lipat.

Kesimpulan

Membuat kecambah kedelai dapat dilakukan dengan sangat mudah dan cepat sehingga siapa saja dapat mempraktikannya. Perlu diingat bahwa setiap jenis kedelai memiliki kemampuan yang berbeda dalam menyerap air sehingga ada beberapa kecambah kedelai yang dapat dipanen sekitar 3 sampai 4 hari dan adapula yang lebih dari itu.

8. Contoh Teks Laporan Percobaan Membuat Teleskop

Judul: Membuat Teleskop

Tujuan

Agar bisa mengamati benda-benda yang berada di langit, dibutuhkan alat yang canggih yang biasa disebut dengan teleskop. Teleskop adalah sebuah teropong besar yang dipakai di dalam astronomi. Ilmu ini mempelajari benda-benda yang ada di langit atau luar angkasa. Astronomi tidak akan bisa berkembang dengan baik karena banyak orang yang berpendapat bahwa astronomi membutuhkan teleskop yang mahan serta memiliki teknologi yang canggih.

Alat dan Bahan:

  • Lensa objektif LUP / lensa cembung praktikum, biasa dijual di toko alat laboratorium, menggunakan diameter 5 cm.
  • Pipa PVC dan perlup dengan panjang kurang lebih 30 cm.
  • Perkakas seperti gergaji dan lem perekat.
  • Lensa okuler bisa juga dengan membeli lensa di toko alat laboratorium dengan menggunakan diameter 2,5 cm.

Langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah tentukan terlebih dahulu panjang badan teleskop. Dengan menggunakan rumus fisika yang sudah kita ketahui : fob + fok = L.
  2. Potong pipa PVC yang panjangnya sudah diketahui tersebut.
  3. Letakkan lensa objektif ke dalam sambungan pipa, kemudian sambungkan sambungan pipa yang sudah berisi lensa tadi diujung paling depan pipa PVC yang sudah kamu ukur. Ingat, lensa objektif letaknya harus didepan lensa okuler. Pasangkan perlup di ujung paling belakang pipa.
  4. Teleskop sederhana telah selesai kamu buat.

Hasil Percobaan

Setelah melalui langkah-langkah tersebut, kini teleskop sederhana dapat digunakan untuk mengamati benda-benda di langit, seperti kawah bulan ataupun planet-planet terdekat dengan bumi.

Kesimpulan

Untuk mengamati benda langit yang jaraknya jauh ternyata tidak selalu harus menggunakan alat yang memiliki teknologi yang sangat canggih. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan biaya yang relatif lebih murah dan sederhana.

9. Contoh Teks Laporan Percobaan Membuat Sabun Mandi

Judul: Membuat Sabun Mandi Praktis

Tujuan

Sabun merupakan kebutuhan manusia yang biasa digunakan untuk membersihkan diri (mandi). Banyak orang yang memilih membeli sabun yang ada dipasaran. Padahal kita bisa membuat sabun sendiri lho dengan menggunakan lidah buaya. Tujuan dari pembuatan sabun dengan menggunakan lidah buaya ini adalah untuk menambah wawasan kita tentang bagaimana cara membuat sabun. Kemudian kita juga belajar mengenai pentingnya keamanan dari sabun itu sendiri

Alat dan Bahan:

  • Lidah buaya
  • Pewangi
  • Pisau
  • Sendok sayur
  • Air
  • Saringan
  • Panci

Langkah-langkahnya:

  1. Cuci terlebih dahulu lidah buaya sampai benar-benar bersih.
  2. Kemudian potong lidah buaya dengan potongan kecil-kecil.
  3. Lalu peras lidah buaya yang sudah dipotong tersebut hingga seratnya keluar.
  4. Tambahkan sedikit air dan pewangi secukupnya saja.
  5. Aduklah sampai semua bahan tercampur rata.
  6. Setalah campuran tersebut mengembang, tambahkan sabun cair. Cairan tersebut sudah bisa untuk digunakan (jika ingin sabun cair)
  7. Jika kamu ingin membuat sabun batangan, maka simpanlah kedalam lemari pendingin.
  8. Setelah membuka keluarkan sabun tersebut dari dalam lemari pendingin, dan sabun lidah buaya siap untuk digunakan.

Hasil Percobaan

Sabun mandi yang terbuat dari lidah buaya telah berhasil dibuat. Selain itu juga terbukti sangat bermanfaat bagi tubuh dan kulit kita. Hal itu dikarenakan kandungan dan manfaat dari lidah buaya sangat banyak sekali. Salah satunya membuat kulit menjadi lebih segar.

Kesimpulan

Sabun lidah buaya sangat ramah lingkungan dan sangat mudah untuk dibuat. Selain itu juga terbukti bermanfaat bagi tubuh karena membuat kulit menjadi lebih segar.

10. Contoh Teks Laporan Percobaan Membuat Baterai Alami

Judul: Membuat Baterai Alami dari Kentang

Tujuan

Dibuatnya baterai kentang ini bertujuan untuk mengantisipasi apabila energy baterai yang anda telah habis, saat mati lampu atau hanya untuk menambah pengetahuan kita.

Alat dan bahan:

  • Kentang
  • Kabel
  • Lempengan tembaga
  • Lempengan seng
  • Penjepit buaya

Langkah-langkah:

  1. Tancapkan lempengan tembaga dan seng pada kentang dengan jarak 1 cm.
  2. Jepit kabel pada setiap lempengan tersebut, dan hubungkan dengan lampu.
  3. Perhatikan lampu tersebut apakah menyala atau tidak. Jika belum menyala, anda bisa membaliknya.
  4. Apabila masih belum menyala, tambahkan kentang untuk menghasilkan arus listrik yang besar.

Hasil Percobaan

Dengan adanya langkah pembuatan baterai alami ini, maka anda bisa membuat salah satu energy alternative yang bisa di gunakan pada situasi tertentu.