Banyak orang yang nyatanya meremehkan penyakit diare, padahal kenyataannya penyakit yang satu ini tak dapat diremehkan. Karena jika tak segera diobati maka bisa menyebabkan dampak yang fatal juga, diantaranya adalah dehidrasi bahkan juga kematian. Apalagi jika seandainya diare ini dialami oleh wanita hamil. Ada banyak sekali faktor penyebab mengapa wanita yang tengah hamil rentan untuk terjangkit gangguan pencernaan tersebut, baik itu faktor makanan yang dikonsumsi maupun infeksi dari bakteri.

Jika tak segera ditangani dengan tepat, faktanya kondisi yang satu ini juga membahayakan janin yang dikandung, karena beresiko untuk menyebabkan terjadinya keguguran. Tentunya Anda tidak ingin hal tersebut sampai terjadi bukan. Namun mengatasi diare saat hamil tentunya tak seperti pada orang-orang yang tidak hamil. Apalagi tidak semua jenis obat-obatan juga aman digunakan oleh wanita hamil. Berikut ini diantaranya langkah tepat dalam mengatasinya yang patut Anda terapkan, yaitu:

  1. Mengonsumsi makanan yang netral, guna meredakan diare yang terjadi pada saat hamil, memang sangat dianjurkan bagi Anda untuk memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Diantaranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang netral, maksudnya adalah mengurangi konsumsi cabai, santan dan juga makanan lain dengan rasa yang menyengat. Karena hal ini nyatanya akan memperparah penyakit Anda tersebut. bahkan akan merangsang pencernaan dan menyebabkan Anda menjadi mual.
  2. Mengonsumsi air kelapa, sudah tak perlu diragukan lagi mengenai khasiat dari air kelapa, karena faktanya ada banyak sekali senyawa bermanfaat didalamnya. Termasuk diantaranya adalah ia mampu untuk menyeimbangkan kembali elektrolit yang ada dalam tubuh. Mencegah terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan yang memang rentan terjadi pada wanita yang sedang hamil.
  3. Berhenti mengonsumsi kafein, kafein ada pada beberapa produk minuman seperti diantaranya adalah kopi. Pada orang yang sedang mengalami diare mengonsumsi kafein hanya akan memperparah kondisi Anda tersebut. Karena akan memperburuk rasa mual yang ada di perut, Bahkan hal ini juga akan membuat Anda menjadi lebih sering buang air besar.
  4. Berhenti minum susu, selain kafein, maka yang tak kalah penting adalah dengan menghentikan terlebih dahulu konsumsi susu, , susu ini hanya akan memperparah kondisi Anda dengan membuat perut terasa mual, muntah bahkan juga buang air besar secara terus-menerus yang tidak kunjung reda.
  5. Konsumsi oralit, untuk menjaga kadar elektrolit yang ada dalam tubuh, maka Anda dapat memanfaatkan oralit ini, karena ia sangat berguna untuk cegah terjadinya dehidrasi dan juga rasa lemas. Oralit ini dapat dibuat sendiri dengan cara mencampurkan air, garam dan juga gula dalam porsi yang tepat, jadi tak perlu membelinya di pasaran.
  6. Untuk sementara waktu kurangi konsumsi buah dan sayuran, apalagi yang kandungan seratnya tinggi, karena hal tersebut hanya akan membuat diare Anda semakin parah. Buang air besar berkali-kali tak terkendali. Namun memang ada beberapa jenis buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi pada saat diare seperti pisang dan jambu biji yang akan memadatkan feses.

Mudah bukan mengatasi diare saat hamil, boleh mengonsumsi obat diare asalkan memang aman untuk wanita yang sedang hamil, seperti diantaranya menggunakan Entrostop. Jangan sepelekan penyakit yang satu ini, karena meskipun umum terjadi, namun jika seandainya tidak ditangani secara tepat maka dampaknya juga fatal. Apalagi diare ini dulunya pernah menjadi wabah mematikan yang menelan banyak korban jiwa.