Saat memiliki kebutuhan yang belum bisa dipenuhi dengan penghasilan yang ada, pasti meminjam menjadi opsi yang muncul sebagai penyelesaian. Pinjam meminjam sekarang ini memang lazim dilakukan baik antara anggota masyarakat maupun dengan lembaga tertentu. Bahkan, jika dahulu untuk dapat meminjam, banyak sekali persyaratan yang harus dipenuhi dan membutuhkan proses yang cukup lama, kini meminjam bisa dilakukan dengan instan dan mudah. Ada banyak pemberi pinjaman yang bisa Anda pilih untuk memenuhi kebutuhan dengan kebijakannya masing-masing. Jika saat ini Anda sedang membutuhkan bantuan dana, maka berikut ini adalah tempat meminjam yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan:

1. Pribadi.

Memiliki keluarga, kerabat dan teman, bisa juga menjadi tempat Anda meminta bantuan. Jika jumlah yang Anda pinjam kecil, maka mintalah bantuan pinjamannya pribadi ini terlebih dahulu sebelum meminjam ke instansi atau lembaga keuangan. Akan tetapi pastikan Anda membayarnya tepat waktu atau sesuai dengan kesepakatan sehingga Anda tidak merusak hubungan kekeluargaan atau pertemanan dengan pemberi dana. Jika Anda memiliki uang lebih, jangan sungkan juga untuk memberikan bantuan kepada yang membutuhkan sehingga tercipta hubungan imbal balik yang langgeng.

2. Kerukunan warga.

Dalam satu wilayah tertentu umumnya memiliki wadah kerukunan warga. Salah satu program kerukunan tersebut adalah Simpan Pinjam dimana warga bisa menabung dan meminjam sejumlah dana. Anda bisa meminjam di wadah tersebut dan mengembalikannya sesuai dengan peraturan yang dibuat. Sebagai contoh yang umum adalah PKK ibu-ibu ataupun arisan keluarga.

3. Koperasi.

Tergabung dalam koperasi simpan pinjam atau koperasi karyawan, Anda bisa menggunakannya untuk meminjam uang dengan bunga yang lebih rendah. Untuk koperasi karyawan, pembayaran pinjamannya bisa langsung di auto debetkan dari gaji sehingga Anda tak lagi perlu mengingat tanggal pembayarannya.

4. Bank.

Memiliki kebutuhan dalam jumlah besar, bank merupakan sumber dana yang memungkinkan Anda untuk mendapatkannya. Namun ada persyaratan yang perlu dipenuhi terlebih dahulu hingga bank menyetujui permohonan kredit Anda. Anda bisa memilih salah satu dari beberapa program kredit baik yang menggunakan agunan maupun tanpa agunan. Pilihlah bank yang memberikan bunga lebih rendah dengan sistem perhitungan flat agar lebih hemat saat membayar angsuran.

5. Leasing.

Meminjam di perusahaan leasing juga bisa dilakukan dengan prosedur yang lebih cepat dan mudah. Anda hanya perlu menjaminkan surat kendaraan bermotor yang masih terbilang baru. Proses yang lebih mudah dan juga cepat dibandingkan kredit dari bank, namun untuk bunga, perusahaan leasing juga memberikan yang lebih tinggi.

6. Pegadaian.

Pegadaian juga merupakan tempat yang bisa menjadi solusi Anda jika membutuhkan uang. Selain emas, kini pegadaian juga bisa digunakan untuk menjaminkan barang elektronik hingga surat kendaraan bermotor. Namun ada persyaratan khusus untuk barang yang bisa di gadai di sini meliputi merk dan tahun pembuatan. Meski begitu, Anda akan mendapatkan pinjamannya dengan bunga lebih rendah dan pinjaman online tenor panjang.

Beberapa tempat di atas bisa Anda pilih untuk mendapatkan pinjaman sesuai kebutuhan Anda. Pilihlah mana yang paling sesuai berdasarkan jumlah uang yang dibutuhkan, lamanya durasi meminjam hingga cara pengembalian dan bunga. Sebisa mungkin pilih yang paling ringan dan memberikan Anda kemudahan. Setelah Anda mendapatkan pinjamannya, jangan lupa untuk berkomitmen melakukan pembayaran dengan rutin dan tepat waktu agar hubungan Anda dengan pemberi pinjamannya tidak menjadi buruk.