Kesehatan merupakan kondisi dimana fisik, mental dan sosial seseorang lengkap yang berarti tidak terdapat kelemahan ataupun penyakit yang menyerang. Tentu saja kesehatan sangat mahal harganya hingga biasanya disebut sebagai harta yang paling berharga karena tak ternilai harganya. Untuk itu, banyak sekali tips hidup sehat yang dapat dilakukan supaya kesehatan tetap terjaga atau membuat tubuh menjadi lebih sehat daripada sebelumnya. Ada yang mengeluarkan biaya untuk menjaga kesehatan, tetapi ada pula yang menjaga kesehatan dengan kebiasaan-kebiasaan hidup sehat yang dilakukan secara rutin, penuh dengan kesabaran dan konsisten.

Berikut tips hidup sehat yang perlu anda lakukan setiap harinya agar hidup penuh dengan kebahagiaan sebab tidak ada penyakit yang diderita.

 

  1. Olahraga secara teratur

Tips sehat yang pertama yaitu olahraga secara teratur. Seperti yang telah kita ketahui, bahwasannya olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain itu, olahraga juga dapat menurunkan resiko penyakit, terhindar dari kelebihan lemak pada tubuh dan menjaga kepadatan tulang. Ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan untuk berolahraga tanpa mengeluarkan biaya, seperti kegiatan berjalan kaki, senam di rumah dengan waktu kurang lebih 15 menit, lari-lari, bersepeda, naik tangga, push up, pull up dan lain-lain. Jadi, tidak selalu olahraga itu membutuhkan biaya yang mahal dan mari berolahraga dengan kebiasan sederhana demi terjaganya kesehatan tubuh kita.

 

  1. Istirahat dengan waktu yang cukup

Tips hidup sehat yang kedua adalah istirahat dengan waktu yang cukup. Kebiasaan ini mampu menjaga kesehatan tubuh, sebab tubuh memerlukan istirahat setelah melakukan berbagai macam kegiatan dengan maksimal. Waktu yang diperlukan untuk istirahat bagi orang dewasa adalah 5 – 7 jam. Oleh karena itu, anda dianjurkan untuk beristirahat dengan sesuai aturan dan lebih baik tidak begadang pada hal-hal yang dirasa kurang bermanfat seperti misalnya bermain game.

 

  1. Makan makanan yang bergizi

Tips hidup sehat ketiga yang perlu anda lakukan berikutnya adalah makan makanan yang bergizi. Ada banyak sekali jenis makanan bergizi yang dapat dikonsumsi oleh tubuh agar kesehatan tetap terjaga, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Selain itu, tubuh juga memerlukan keseimbangan antara karbohidrat, mineral, lemak, vitamin, dan protein yang ada pada tubuh.  Sehingga kita dapat memilah makanan seperti apa yang dapat kita cerna demi kebaikan tubuh kita.

 

  1. Minum air putih

Tips hidup sehat yang keempat adalah minum air putih. Perbanyak minum air putih membuat tubuh tidak mengalami kerugian, sebab air putih sangat penting bagi kita. Menurut Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board, wanita membutuhkan 2,7 liter air putih per hari dan pria membutuhkan 3,7 liter air putih per hari. Jadi, perbanyak minum air putih sesuai aturan ya dan mengurangi minuman yang kurang dibutuhkan oleh tubuh seperti misalnya minuman bersoda.

 

  1. Kurangi makanan cepat saji

Tips hidup sehat yang kelima sangat perlu dilakukan sebab seringkali kita mengkonsumsi makanan cepat saji. Junkfood atau makanan cepat saji merupakan makanan yang dihidangkan dan disajikan dengan cara yang cepat. Contoh makananya seperti hamburger, hotdog, kebab, pizza hut, kentang goreng dan sebagainya. Makanan tersebut rasanya memang enak, namun jika dikonsumsi secara berlebihan dapat mengganggu kesehatan tubuh. Untuk itu, kurangi memakan makanan cepat saji dan perbanyak makanan yang bergizi.

 

  1. Menghindar dari perokok

Selanjutnya, tips hidup sehat yang keenam adalah menghindar dari perokok. Orang yang merokok disebut perokok aktif, sedangkan orang tidak merokok namun menghirup asap rokok orang lain disebut sebagai perokok pasif. Diantara kedua hal tersebut justru yang paling bahaya adalah perokok pasif. Penyakit yang dapat diderita oleh perokok pasif jika sering menghirup asap rokok orang lain yaitu pengerasan pada arteri, meningkatkan resiko penyakit jantung koroner, mata teriritasi, batuk, pusing, sakit tenggorokan dan penyakit yang lain. Untuk itu, ketika anda bersebelahan dengan orang yang merokok sebisa mungkin menghindar darinya atau menutup hidung dengan bantuan tangan.