Pemasangan AC tentu harus memiliki trik karena punya pengaruh terhadap kualitas dingin dan keawetan dari AC tersebut. Nah bagi Anda yang ingin mencoba memasang AC sendiri di rumah, tentu harus memahami beberapa hal.

Poin-poin penting yang harus anda ketahui sebelum memasang AC, bertujuan agar pemasangan Air Conditioner di rumah Anda bisa tepat dan benar. Berikut ini beberapa tips dalam memasang AC di rumah.

1. Perhatikan Posisi Indoor Unit

Pemasangan AC yang benar di kamar tidur ataupun ruangan lainnya tentu harus memperhatikan yang namanya posisi indoor unit. Posisi indoor unit sebaiknya terletak sekurang-kurangnya 15 cm dari atap rumah agar sirkulasi udara lebih baik. Saat pemasangan indoor unit sebaiknya juga perhatikan bagian bawah, jangan sampai ada sumber listrik atau alat elektronik di bagian bawahnya. Ini adalah antisipasi agar ketika AC kotor air tidak akan menetes dari indoor unit.

2. Perhatikan Posisi Outdoor Unit

Yang kedua yaitu harus memperhatikan posisi outdoor unit. Outdoor unit posisinya harusĀ  lebih rendah antara nepel indoor dan juga outdoor. Hal ini bertujuan agar oli mesin bisa selalu kembali ke outdoor unit dan refrigerant bisa bersirkulasi dengan baik. Saat outdoor lebih tinggi maka dalam jangka panjang kali tidak Akan berpindah ke indoor unit.

3. Perhatikan Pipa Penghubung Outdoor-Indoor

Bagaimana langkah pemasangan AC baru?Sebaiknya yang perlu diperhatikan juga adalah soal pipa penghubung antara outdoor dan indoor. Jangan sampai pipa bengkok karena akan mengganggu jalannya sirkulasi pada refrigran. Untuk panjang pipa penghubung paling ideal adalah 3 sampai 6 meter, namun dalam kondisi tertentu bisa mencapai 12 meter panjangnya tergantung daya AC ruang.

4. Perhatikan Jalur Pembuangan Air

Selanjutnya Anda juga harus memperhatikan bagian jalur pembuangan air. Jika pemasangan pembuangan Air ini tidak benar maka indoor unit akan meneteskan air.

Demikian beberapa tips dalam melakukan pemasangan AC. Bagi Anda yang tidak mampu melakukan pemasangan alat elektronik ini sendirian, maka wajib mencari jasa servis yang mampu memasang AC. Anda bisa menemukan jasad tersebut melalui platform Sejasa.com. platform ini akan membantu mencarikan jasa pemasang AC profesional.