Platform digital jual beli barang dan jasa BUMN yang memiliki nama Pasar Digital UMKM atau bisa dipanggil PaDi UMKM ini sudah menjadi wadah para BUMN untuk berbelanja dan membuka jalan untuk UMKM agar mampu berjualan secara online dan menjadi Go Digital di masa depan.

Dua akun pembeli yang memiliki peran masing-masing yaitu akun manager dan akun staff yang bertugas untuk mengatur dan mengubah pesanan. Seperti pembahasan sebelumnya, kali ini fokus penting seputar akun pembeli ini yaitu tentapng konfirmasi pesanan yang ternyata dapat dilakukan oleh akun staff. Bagaimana cara akun staff mengkonfirmasi pesanan? Dikutip dari website resmi pengadaan barang dan jasa BUMN, Berikut Langkah-langkahnya.

Konfirmasi penerimaan pesanan dapat dilakukan oleh akun staff dan hanya dilakukan apabila penjual sudah mengirimkan barang dan sudah diterima oleh pembeli (BUMN). Langkah pertama yang harus dilakukan oleh akun pembeli (akun staff) yaitu kunjungi website padiumkm.id lalu klik “Login”, setelah login menggunakan alamat email dan password yang telah diregistrasikan maka akan muncul tampilan halaman utama PaDi UMKM B2B, lalu tahap selanjutnya klik menu “Transaksi”.

Pada tampilan dashboard di akun pembeli akan muncul menu dan maka pemilik akun diarahkan untuk selanjutnya klik “Daftar Transaksi” lalu pilih transaksi dengan status “Dikirim” dan klik tombol “Lihat” pada kotak sebelah kanan. Pastikan bahwa pesanan sudah diterima dengan  baik, lalu klik “Sudah Terima Barang”.

Sehabis proses tersebut telah selesai, maka akan muncul tampilan selanjutnya pada halaman yaitu “Berita Acara Serah Terima atau BAST”. Pemilik akun staff juga diwajibkan membaca Berita Acara Serah Terima dengan seksama dan jika hal tersebut dirasa sudah jelas maka akun staff dapat lakukan Langkah berikutnya yaitu klik tombol “Terima Barang”.

Jika tipe pembayaran yang dilakukan oleh akun pembeli dengan tipe Tempo, maka setelah konfirmasi penerimaan barang, status pesanan tersebut akan menjadi “Menunggu Pembayaran”. Perlu diketahui juga, untuk akun pembeli juga dapat melihat dokumen terkait transaksi yang di proses pada bagian kolom sebelah kanan yaitu “Dokumen Transaksi”.

Pembeli akan diarahkan untuk lakukan pembayaran setelah semua proses dirasakan sudah benar-benar matang, pembayaran dapat dilakukan melalui rekening virtual account yang telah akun staff pilih sebelumnya. Setelah melakukan proses pembayaran maka klik tombol “Konfirmasi Pembayaran” lalu unggah bukti pembayaran dan masukkan nominal yang dibayarkan lalu klik “Konfirmasi Pembayaran”.

Pengadaan barang dan jasa BUMN yang tersedia dalam platform digital ini akan dikemas secara lengkap dan transparan. Beberapa Fitur PaDi UMKM seperti Control Tower Dashboard yang dimana menyajikan informasi terkait UMKM dan pembelanjaan BUMN terhadap UMKM yang dapat dimanfaatkan oleh Pemerintah dan Kementerian BUMN sebagai dasar analisa untuk penentu kebijakan.