Sumber : okezone.com

Virus Corona yang berbahaya dan menelan banyak korban masih saja menghantui kehidupan masyarakat Indonesia dan jiga dunia. Adapun virus ini bisa ditangkal dengan vaksin virus Corona. Tentunya vaksin tidak bisa didapatkan dengan mudah karena harus diciptakan terlebih dahulu.

Namun pekan lalu, Indonesia sudah kedatangan vaksin sebanyak 1, 2 juta dosis dari perusahaan asal China Sinovac. Bahkan nantinya akan mendapat tambahan lagi dosis vaksin 1,8 juta pada Januari 2021. Tapi meski begitu vaksin belum bisa langsung digunakan karena harus menunggu terlebih dahulu izin penggunaan dari BPOM. Sebelum melangkah lebih jauh, Anda terlebih dahulu harus mengetahui apa sebenarnya vaksin covid itu sendiri.

Apa Itu Vaksin Virus Corona

Vaksin virus Corona merupakan suatu produk zat yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia dengan fungsi menstimulasi kekebalan tubuh agar bisa memproteksi dan melindungi tubuh. Tentunya perlindungan ini bisa anda dapatkan untuk melawan virus Corona.

Sementara itu, vaksinasi adalah sebuah prosedur untuk memasukkan vaksin ke dalam tubuh dengan cara disuntikkan. Proses vaksinasi ini pada akhirnya akan membuat tubuh memproduksi imun untuk menangkal penyakit.

Sementara imunisasi merupakan proses tubuh untuk membiasakan diri agar bisa memproteksi diri dari penyakit lewat proses vaksinasi yang sudah dilakukan sebelumnya. Lalu untuk imunitas sendiri adalah kemampuan tubuh memerangi suatu penyakit. Simpelnya adalah ketika terjadi imunisasi maka imunitas juga akan terbentuk dan melindungi tubuh.

Jenis Vaksin Corona Yang Perlu Anda Ketahui

Ada beberapa jenis vaksin Corona yang harus anda ketahui.

  1. Vaksin corona Sinovac
  2. Vaksin corona Sinopharm
  3. Vaksin corona CanSino
  4. Vaksin corona AstraZeneca
  5. Vaksin corona Genexine

Untuk diketahui, vaksin ini sebelum diproduksi secara massal baik di dalam negeri maupun di luar negeri tentu sudah dilakukan pengembangan terlebih dahulu. Tahapan pengembangan ini punya tujuan agar bisa menjaga keamanan vaksin bagi masyarakat. Pengujian vaksin juga berfungsi agar bisa menentukan tentang dosis yang aman untuk diberikan pada manusia. Namun anda juga harus hati-hati terhadap vaksin palsu yang bisa saja beredar di pasaran saat ini.

Kelompok Prioritas Untuk Diberikan Vaksin

  • Garda terdepan yang terdiri dari medis dan paramedis contact tracing, para pelayan publik termasuk TNI dan juga polri serta aparat hukum.
  • Masyarakat dan tokoh agama. Perangkat Daerah seperti kecamatan, desa, RT/RW dan sebagian pelaku ekonomi.
  • Seluruh tenaga pendidik di jenjang pendidikan.
  • Aparatur pemerintah baik di pusat, daerah dan juga legislatif.
  • Lapisan masyarakat dan para pelaku ekonomi.

Nah dari penjelasan diatas tentu anda sudah tahu apa itu vaksin virus Corona, yang tentunya sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat dunia sejak lama agar bisa melenyapkan virus Corona. Namun masyarakat juga harus memahami bahwa solusi untuk penanganan Corona tidak hanya bisa dibebankan pada vaksin saja tapi juga tetap harus menegakkan protokol kesehatan.

Karena protokol kesehatan adalah cara sederhana namun punya dampak yang sangat besar. Kepatuhan masyarakat pada protokol kesehatan terbukti mampu menurunkan penularan virus covid hingga 80%. Protokol yang memang harus benar-benar diterapkan adalah 2 jenis. Yaitu penggunaan masker, dan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir. Dapatkan informasi seputar  Covid-19  dan juga kesehatan lainnya hanya di Halodoc. Platform kesehatan ini bisa menjadi andalan untuk keluarga dan masyarakat Indonesia. Selain mengunjungi website Halodoc, platform ini juga menyediakan aplikasi yang bisa anda unduh di PlayStore ataupun AppStore. Platform kesehatan andalan hanya pilih Halodoc.