Menjadi tugas cukup sulit saat harus ajarkan anak tidur sendiri di kamarnya. Sebagian besar orangtua memilih tidur di satu kamar bersama buah hatinya. Khususnya saat dia dianggap masih belum mandiri dan belum memiliki keberanian untuk tidur sendiri. Sebenarnya ada banyak cara untuk membiasakan dia tidur sendiri di kamarnya. Seperti menyiapkan piyama yang dia sukai dari tempat jual baju tidur favorit Anda.

Melatih Anak Tidur Sendiri

Nah, berikut beberapa cara untuk melatih si kecil tidur sendiri di kamarnya.

1.     Siapkan Kamar yang Nyaman

Langkah pertama, siapkan kamar yang bagi si kecil nyaman dan aman. Bisa dengan mendesain kamar sesuai yang diinginkan si kecil, sampai memastikan semua bagian di kamar tersebut terasa aman. Misalnya menaruh benda-benda kesayangannya. Bangun suasana hangat setiap dia berada di kamarnya.

2.     Hindari Menghiburnya dengan Cerita Seram

Ada satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan para orang tua kepada anaknya yaitu menceritakan hal seram atau mengancam dia dengan hal-hal yang membuat dia ketakutan. Nyatanya kebiasaan ini akan membangun sifat penakut dan membuatnya tidak berani tidur sendiri di kamar.

3.     Ajari Kelebihan Hidup Mandiri pada Anak

Sejak dini, orangtua harus bisa mengajarkan apa saja kelebihan dari hidup yang mandiri untuk melatihnya menjadi anak mandiri dan tidak bergantung pada beragam hal, termasuk pada orangtua. Anda bahkan bisa mengajaknya memenuhi kebutuhan yang dia butuhkan dengan berbelanja berbagai perlengkapannya di Orami Shopping dan biarkan dia yang memutuskan apa saja yang ingin dibeli sebagai perlengkapan sehari-harinya.

4.     Ajak Anak Bermain Permainan Sederhana

Sebelum tidur, Anda bisa ajak dia untuk bermain bersama lebih dulu. Permainan sederhana yang membuat dia merasa cepat ngantuk dan lelah, juga agar dia merasa orangtuanya selalu ada di dekatnya. Bahkan sampai dia beranjak tidur. Anda bisa pula menjelaskan bahwa Anda dan pasangan berada tidak jauh, juga selalu siap datang jika terjadi sesuatu  padanya saat dia tidur sendiri.

5.     Beri Contoh pada Anak

Anak menjadi cermin orangtua. Sehingga untuk melatih sikap mandiri, Anda bisa beri contoh terlebih dahulu padanya bagaimana cara hidup lebih mandiri. Misalnya mengajak dia mencuci piring sendiri, membersihkan area kamar dan bermain sendiri, sampai mencontohkan untuk tidur di kamar sendiri. Anda bisa pula menggunakan media lain seperti memberi tontonan tentang anak yang mandiri dan jago tidur sendiri.

Sedang mencari perlengkapan si kecil atau toko jual baju tidur menarik untuknya? Anda bisa download dan kunjungi Orami Shopping sebagai platform penyedia kebutuhan ibu dan anak yang mudah untuk diakses praktis melalui gadget Anda. Beragam informasi seputar dunia ibu dan anak juga bisa Anda dapatkan.